Sukses

Saraf kejepit
14 Jun 2019, 12:42 WIB
Pria, 50 tahun.

Saya didiagnosa syaraf terjepit setelah di MRI bagian leher dan tulang belakang, tetapi tidak terasa sakit, hanya badan saya seperti tidak bertenaga. Apakah bisa seperti itu? Sebaiknya saya melakukan terapi apa?

Terima kasih telah bertanya tentang Saraf kejepit melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda. Saraf kejepit dalam istilah medis dinamakan HNP. Hernia Nucleus Pulposus (HNP) atau saraf terjepit adalah suatu kondisi di mana sebagian atau seluruh bagian tengah dari lempengan intervertebralis yang lembut dan seperti agar-agar keluar menonjol melalui bagian lemah dari lempeng secara terpaksa, sehingga gejala yang sering dialami adalah nyeri punggung karena iritasi persarafan yang terjepit oleh tonjolan tersebut.

Penyebabnya seringkali adalah trauma yang terjadi terus menerus, seperti misalnya jatuh terduduk, kecelakaan, latihan atau olah raga terlalu berat, posisi tubuh yang tidak tepat dalam mengangkat barang atau duduk. Berat badan berlebihan dan kebiasaan memposisikan tubuh dengan tidak tepat juga seringkali menjadi faktor penyebab. Pada beberapa kasus juga disebabkan karena kelainan bentuk tulang belakang.

Bagian tulang belakang yang sering terpengaruh adalah bagian lumbal (di daerah pinggang) dan bagian servikal (daerah leher).

Bila bagian yang bermasalah adalah tulang belakang bagian punggung Anda maka rasa sakit akan dirasakan di salah satu bagian dari kaki, pinggul, atau bokong. Sakit dapat menjalar atau disertai kesemutan atau rasa kebas di daerah tersebut sampai ke betis dan telapak kaki. Dapat juga dirasakan rasa lemas/lemah pada kaki tersebut.

Nyeri biasanya sering terjadi hanya pada satu sisi tubuh dan terjadi perlahan-lahan, hilang timbul atau semakin parah. Jika merasakan keluhan nyeri disertai kesemutan rasa kebas yang juga tidak menghilang dengan pengobatan maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf dan ortopedi dan memang terkadang tindakan operasi diperlukan.

Diperlukan pemeriksaan penunjang seperti MRI untuk memastikan apakah ada saraf yang terjepit. Hal ini perlu segera ditangani karena jika terlambat dapat menyebabkan kelumpuhan anggota tubuh terkait.

Untuk pengobatan saraf terjepit, dapat digunakan obat-obatan, fisioterapi, pemasangan korset (untuk saraf terjepit di pinggang) dan collar neck (untuk leher), jika tidak membaik maka akan dilakukan tindakan operasi. Memang obat yang Anda maksud adalah merupakan obat untuk pengurang rasa nyeri saja bukan untuk menyembuhkan. Untuk mengurangi rasa nyeri Anda bisa melakukan aktivitas olahraga seperti berenang. 

Untuk kesembuhan tergantung dari kondisi setiap orang. dan jika memang penyebab utama dari daerah yang terjepit itu diatasi maka akan timbul kekambuhan yang cukup sering. Pada setiap tindakan operasi juga bisa saja terjadi ditempat baru jika kita tidak memperhatikan diri seperti berat badan berlebih, jarang berolahraga, duduk atau berdiri dengan posisi yang salah dsb.

Untuk memperkaya wawasan Anda, baca juga :

Hernia Nukleus Pulposus

Saraf Terjepit Harus Dioperasi?

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Saraf kejepit. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar