Sukses

Belum haid
13 Jun 2019, 23:08 WIB
Wanita, 34 tahun.

Dok saya mau tanya..saya terakhir datang bulan tanggal 23 sampai tgl 26 bulan april. Bulan 5 kemarin saya sama sekali ga datang bulan sampai skrg..tapi saya cek pakai test pack hasilnya negatif..gimana ya dok soalnya saya jd harap2 cemas ini dok karena saya dan suami memang sudah benar2 pengen banget diberikan momongan..mohon dibalas ya dok..terimakasih

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab terlambat haid melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai terlambat haid pasti sangat mengganggu Anda. 

Perlu diketahui mengenai siklus menstruasi yang normal. Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama haid terakhir hingga hari pertama haid berikutnya. Menstruasi akan berlangsung dengan siklus 21-35 hari selama 2-7 hari dengan volume 20-60 mL/hari. Oleh karena siklus menstruasi berbeda tiap orang maka definisi menstruasi "normal" pun bervariasi setiap individu. Beberapa hal yang penting dicatat mengenai menstruasi Anda adalah tanggal mulai dan berhentinya, banyaknya pembalut yang digunakan dalam satu hari, adakah perdarahan abnormal di antara dua siklus menstruasi, dan nyeri menstruasi yang berlebihan. 

Perlu juga diketahui bahwa siklus menstruasi erat kaitannya dengan pola makan, aktivitas sehari-hari, dan stress psikologis. Bagaimana dengan Anda, bagaimana dengan pola makan Anda beberapa hari belakangan? Bagaimana aktivitas Anda sehari-hari, adakah aktivitas yang terlalu berat yang Anda lakukan? Adakah stress psikologis yang sedang Anda alami saat ini? 

Jika siklus haid terjadi diluar batas-batas normal yang telah disebutkan di atas secara berulang, berarti telah terjadi gangguan dalam proses menstruasi dan perlu dievaluasi lebih lanjut. Banyak hal yang dapat menyebabkan siklus haid menjadi terlambat, antara lain: 

Kehamilan 

Stress dan depresi 

Nutrisi yang kurang 

Penurunan berat badan berlebihan 

Olahraga berlebihan 

Obesitas 

Gangguan hipotalamus dan hipofisis sehingga terjadi ketidak seimbangan hormon dalam tubuh 

Gangguan indung telur 

Penggunaan obat-obatan, seperti obat antidepresi, kortikosteroid, kontrasepsi hormonal, dll 

Penyakit kronik dan Sindrom Asherman 

Periksakan diri Anda ke dokter bila: 

Menstruasi Anda berhenti lebih dari 3 bulan dan Anda sedang tidak hamil 

Menstruasi Anda berlangsung lebih dari 7 hari 

Menstruasi Anda lebih banyak dari biasanya, hingga Anda harus mengganti pembalut setiap 1-2 jam 

Siklus menstruasi Anda berlangsung kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari 

Anda mengalami flek-flek kecoklatan diantara siklus menstruasi 

Anda mengalami nyeri yang hebat sewaktu menstruasi hingga mengganggu aktivitas sehari-hari 

 

Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, testpackjuga dapat menunjukkan hasil negatif palsu (hasilnya negatif, namun terdapat kehamilan) ataupun positif palsu (hasilnya positif, namun tidak disertai kehamilan). Untuk mengkonfirmasi hasil pemeriksaan itu, diperlukan konfirmasi USG. Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Hasil positif telah dapat ditemukan 8 hari setelah pembuahan pada 5% perempuan (bukan hubungan seksual, pembuahan terjadi bergantung pada masa subur wanita), dan angka ini akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan. Pemeriksaan test pack dapat dilakukan 1 hari setelah menstruasi terlambat, namun masih dapat terjadi hasil negatif karena rendahnya kadar hormon sehingga tidak terdeteksi. Oleh sebab itu testpack dapat dilakukan kembali setelah ada keterlambatan lebih dari 1 minggu (sesuai siklus menstruasi). Masih juga ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah atau pemeriksaan USG untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum menstruasi.

Kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui penyebab keluhan terkait siklus haid Anda dan mendapatkan penanganan yang tepat sesuai penyebabnya.

 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai penyebab terlambat haid. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar