Sukses

Pandangan berbayang disertai mata lelah
14 Jun 2019, 08:36 WIB
Pria, 34 tahun.

Halo dok saya sering merasa sakit kepala di iringi pandangan berbayang ( klo lihat warna putih dan hitam) apakah itu mata lelah atau minus? saya sering di depan komputer dan sering juga bermain HP.

Terima kasih telah bertanya seputar pandangan berbayang disertai mata lelah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Pandangan yang berbayang dalam dunia medis dikenal dengan diplopia. Hal ini dapat disebabkan karena berbagai hal, bisa karena gangguan pembuluh darah di mata, gangguan di saraf mata, atau gangguan pada otot-otot mata. 

Pandangan berbayang dan nyeri dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti mata lelah dan glaukoma. Namun pada glaukoma biasanya terjadi mendadak atau bertahap semakin lama semakin sakit. Selain itu, glaukoma biasanya terjadi pada satu mata saja. Bagaimana dengan nyeri yang anda rasakan? 

Selain itu, apabila saat dilakukan pemeriksaan tekanan bola mata hasilnya normal, maka nyeri yang anda alami bukan karena glaukoma. Apabila ditemukan mata anda silinder dan minus, kemungkinan besar nyeri dan pandangan berbayang yang anda alami adalah karena hal tersebut. Dan penggunaan obat timol bisa anda hentikan, dan buatlah kacamata yang sesuai dengan mata anda. 

Menggunakan layar komputer baik itu handphone maupun laptop yang lama dapat membuat mata menjadi lelah, akibatnya menjadi nyeri dan tidak nyaman. Hal ini dapat dicegah dengan konsep 20 20 20 yaitu, setiap 20 menit, melihat ke jarak sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Hal ini dapat mengistirahatkan mata anda dari layar elektronik. 

Mengenai kemungkinan terdapat minus pada mata masih harus dipastikan dengan berkonsultasi ke dokter spesialis mata, terutama jika sudah ada keluhan seperti yang anda rasakan.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai pandangan berbayang disertai mata lelah. Semoga bermanfaat. Salam

 

0 Komentar

Belum ada komentar