Sukses

Berdebar Setelah Minum Kopi Hitam
13 Jun 2019, 23:27 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok setiap saya minum kopi yang bukan kopi hitam atau murni selalu membuat jantung berdebar secara lerlebihan. Juga memang saya merasa adrenalin saya terpacu sangat besar. Dan efek yang paling besarnya saya tidak bisa tidur semalaman penuh padahal saya sudah menguap berkali-kali. Saya minum kopi cokelat saat buka puasa, dan sampai pagi saya gak ngantuk sama sekali tapi badan saya lelah sangat rasanya. Apa yang harus saya lakukan untuk mengurangi efek minuman itu ya dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Jantung yang terasa berdebar-debar sehingga menimbulkan sensasi yang tidak menyenangkan dalam dunia kedokteran dikenal sebagai palpitasi. Seseorang dapat mengalami palpitasi meskipun tidak mengalami penyakit jantung ataupun irama jantung yang abnormal. 

Palpitasi yang dirasakan setelah makan dapat tetjadi ketika jantung memompa darah ke saluran pencernaan untuk membantu proses pencernaan. Penyebab lain adalah fluktuasi dari gula darah dan efeknya terhadap jantung, makan yang berlebihan, makan makanan pedas, makan makanan yang tinggi kadar lemak, gula, dan karbohidrat (terutama bila dikonsumsi setelah periode lapar yang lama), atau alergi makanan tertentu. Selain itu, minum minuman yang berkafein seperti kopi atau alkohol juga dapat menyebabkan palpitasi. Keadaan lain yang juga dapat menjadi penyebab adalah masuknya asam lambung ke saluran di atasnya yang disebut juga refluks gastroesofageal.

Apakah rasa berdebar-debar juga disertai oleh sesak napas, pusing? Hal ini perlu ditanyakan karena palpitasi juga dapat disebabkan oleh keadaan medis tertentu yang perlu ditangani. Kami menyarankan Anda untuk mengunjungi dokter untuk memastikan penyebab keluhan berdebar-debar Anda serta mendapatkan penanganan yang tepat bila memang diperlukan.Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar