Sukses

Keloid di Bekas Tindikan

13 Jun 2019, 21:38 WIB
Pria, 27 tahun.

Saya punya penyakit keloid. Dan saya beberapa tahun lalu pernah tindik dan lama kelamaan tindikannya jadi sakit trus bernanah dan membengkak ( tumbuh keloid ). Akhirnya saya lepas tindikan tersebut. Apakah hal ini berbahaya atau tidak ? Karena pertumbuhan keloid di daun telinga ini aga cepat dibandingkan keloid lain yang ukuran nya tidak pernah berubah.

Terima kasih telah bertanya tentang penanganan keloid pada tindikan menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter 

Penanganan bekas luka tindik sangat bergantung pada bekas luka yang terjadi, apakah berupa bekas luka yang menghitam (hiperpigmentasi), menjadi berkas berwarna putih (hipopigmentasi) atau menjadi jaringan berlebih (keloid). Jika Anda memiliki riwayat mudah terbentuk keloid, masih ada kemungkinan keloid ini terjadi lagi.

Melakukan tindik di bagian tulang rawan telinga memang lebih berisiko dibandingkan tindik biasa berupa risiko infeksi. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya pembuluh darah yang mempendarahi bagian tersebut. Bila terjadi infeksi, antibiotika yang akan membunuh bakteri penyebab infeksi tidak bisa sampai ke lokasi infeksi lewat darah. Padahal infeksi yang tidak tertangani dengan baik bisa mematikan jaringan tulang rawan tersebut dan akhirnya diperlukan tindakan operatif yang akan mengubah bentuk daun telinga. Karena itulah tindakan tindik telinga di bagian tulang rawan sebaiknya dilakukan oleh tenaga medis, termasuk dokter THT, sehingga terjamin kesterilan alat dan prosedurnya. Setelah itu, Anda harus sangat menjaga kebersihan lokasi tindik selama proses penyembuhan jaringan yang dapat berlangsung selama 3 bulan sampai dengan 1 tahun.

Membersihkan luka bekas tindikan dengan mengganti kassa penutup setidaknya satu hari sekali dengan membubuhkan larutan povidon iodine. Apabila nampaknya luka tindik Anda mengalami infeksi yaitu disertai gejala adanya nanah dan nyeri maka sebaiknya Anda menghubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar