Sukses

Haid Tidak Berhenti Pasca Sesar
13 Jun 2019, 15:33 WIB
Wanita, 26 tahun.

Sya udh 3 bln oprasi sesar trus pasang IUD tp kenapa haid sya g berenti"dri bulan kemarin, dari awal melahirkan cuma 3 hari sya ga haid, apa itu normal dan aman kah? Mhon penjelasanya

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Namun. kemungkinan besar yang Anda alami bukanlah haid, melainkan nifas. Nifas adalah proses keluarnya darah sisa implantasi dan memang berlangsung lama. Masa nifas umumnya berakhir sekitar 40 hari setelah proses persalinan. Berakhirnya masa nifas ditandai dengan berhentinya perdarahan yang keluar dari vagina Anda. Masa nifas memang dapat selesai lebih cepat, karena darah sebagian besar telah dibuang ketika operasi sesar, namun hal ini sangat bervariasi bergantung pada pertimbangan dokter Anda.

Umumnya, haid akan datang cukup lama setelah melahirkan (umumnya tidak langsung dalam bulan pertama pasca melahirkan). Apalagi pada ibu yang menyusui. Kesuburan akan datang lebih lambat.

Adapun darah nifas yang keluar sebenarnya dibedakan menjadi 4 tahap yang secara berurutan adalah lokai rubra (berwarna merah berisi darah segar, jaringan sisa plasenta, dsb) sekitar 1 minggu, lokia sanguelenta (berwarna merah dan berlendir) sekitar 1-2 minggu, lokia serosa (berwarna kekuningan) selama 2 minggu, dan lokia alba (berwarna putih biasa dan bening) sekitar 6 minggu. Lokia alba merupakan darah nifas yang terakhir keluar, menandakan tahap pemulihan dan hampir berakhirnya masa nifas. Dengan demikian, darah berwarna merah kental yang keluar setelah masa nifas berakhir (setelah perdarahan nifas lokia alba sudah berhenti) dapat diartikan sebagai darah menstruasi.

Agar lebih pasti, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan di dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dengan begitu, bisa dipastikan apakah yang Anda alami benar-benar darah haid atau merupakan darah nifas. Selain itu, bila terjadi selama 3 bulan, periode itu juga cukup memanjang untuk sebuah perdarahan nifas. Maka, periksakanlah diri Anda segera karena perdarahan yang terlalu lama bisa memberikan risiko anemia.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar