Sukses

Alergi Susu Sapi

13 Jun 2019, 12:08 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok anak saya umur 1 bulan,pas baru lahir anak saya mau saya kasih asi tapi pas selang 5 hari pulang saya dari rs karna transfusi darah anak saya gmau asi,saya memilih susu formula awalnya tak terjadi apa2 makin ksini anak saya malah diare dok dan sempat d rawat d rs dok tapi nyampe skarang anak sya ttp mencret .apa anak sya alergi susu sapi dok?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah beranya seputar alergi susu sapi menggunakan KlikDokter.com,

Gejala reaksi cepat alergi susu sapi muncul dalam hitungan menit atau jam setelah mengonsumsi susu sapi dan umumnya disebabkan oleh respon antibodi IgE terhadap protein susu. Gejalanya antara lain:

- Sakit perut

- Mual

- Muntah

- Sesak napas atau mengi

- Ruam, bengkak, gatal pada kulit

- Diare

Reaksi lambat alergi susu sapi umumnya disebabkan oleh respon hipersensitivitas non antibodi IgE dan berlangsung dalam hitungan jam atau hari setelah konsumsi susu. Gejalanya antara lain:

- Penurunan berat badan

- Pertumbuhan terhambat

- Ruam kulit seperti eksim

- Menolak makan

- Diare

- Kolik perut

- Mudah marah dan rewel

Bila memeang gejala mencret tersebut muncul sejak awal penggunaan susu sapi, maka cukup besar kemungkinan bahwa si kecil benar-benar mengalami alergi susu sapi. Cobalah untuk menggantinya dengan jenis susu sapi lain, atau bisa juga dengan susu terhidrolisa parsial atau susu soya.

Meskipun begitu, masih ada kemungkinan sering mencret tersebut disebabkan oleh penyebab lain. Misalnya karena infeksi. Untuk benar-benar memastikan apakah si kecil mengalami alergi susu sapi, Bunda bisa membawa si Kecil untuk tes alergi ke dokter anak. Dengan begitu, akan ketahuan dengan jelas apakah si Kecil benar-benar mengalami alergi atau tidak.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar