Sukses

Gigi Geraham Tumbuh Miring
12 Jun 2019, 13:29 WIB
Wanita, 30 tahun.

dok saya mau bertanya tentang gigi saya, gigi graham saya tumbuh miring dan skrg tertutup sama gusi... kalau makan sering nyelip di gigi yg tertutup gusi dan sering sakit, apa solusinya dok? sudah ke dokter gigi untuk di bersikan namun tetep saja sering sakit dok, makasih dok

Terima kasih sudah bertanya seputar Gigi yang tumbuh miring melalui fitur Tanya dokter.

Kondisi yang sedang Anda alami dalam bahasa medis disebut pericoronitis, dimana gusi di sekitar mahkota gigi molar (geraham) membengkak dan mengalami infeksi. Molar tiga normalnya baru tumbuh sekitar usia 18 tahun keatas, karena gigi lain sudah tumbuh maka biasanya gigi molar tiga tidak kebagian tempat pada rahang sehingga tidak tumbuh pada posisi normal atau bahkan tidak tumbuh sama sekali.

Pada kasus Anda, gigi molar tiga tumbuh tapi baru sebagian, sedangkan masih ada permukaan mahkota gigi yang tertutup gusi.  Sisa makanan yang terjebak pada daerah tersebut sulit dibersihkan , dan sela-sela antara gusi dan gigi tersebut menjadi tempat yang kondusif bagi pertumbuhan bakteri penginfeksi apalagi dengan adanya sisa makanan.

Kondisi ini menyebabkan gusi meradang dan terinfeksi sehingga gusi membengkak, dapat menimbulkan bau mulut, terasa sakit saat tergigit, bahkan pada kasus berat pembengkakan ini dapat menjalar hingga ke pipi dan leher, menyebabkan pembengkakan kelenjar limfe leher, dan kesulitan membuka mulut.

Perawatannya adalah dengan pemberian obat anti inflamasi, antibiotik dan analgetik (pain killer) disertai dengan penjagaan oral hygiene di sekitar gusi yang bengkak. Jika perlu, dokter gigi akan melakukan flap untuk memotong gusi yang bengkak tersebut.

Keputusan mengenai dicabut/tidaknya gigi tersebut sebaiknya diambil setelah pemeriksaan langsung oleh dokter gigi, bergantung pada posisi gigi yang bersangkutan, dan juga gigi lawannya.

Bila sebagian mahkota gigi terbenam dalam tulang rahang atau miring, pencabutannya dikategorikan bedah minor sebab gigi biasanya tidak dapat dikeluarkan hanya dengan cara pengungkitan seperti pencabutan biasa, namun memerlukan flap (pembukaan gusi) dan pengambilan tulang yang menghalangi. Baru setelah itu gigi dapat dikeluarkan.

Baca juga artikel terkait :

- 5 Alasan Mengapa Gigi Geraham Bungsu Perlu Dicabut

- Tips Pemulihan setelah Operasi Gigi Bungsu

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar