Sukses

Benjolan di Wajah
12 Jun 2019, 11:18 WIB
Pria, 21 tahun.

dok saya mau tanya benjolan di wajar lebih tepatnya didekat jambang saya , itu bekas bisul tapi sampai sekarang tidak hilang2 , malah perlahan lahan membesar , pernah sekali saya coba menyucuknya dengan jarum saya pikir yg keluar akan cairan putih , ternyata darah apa penyakit saya ini dok ? mohon bantuannya

Terima kasih telah bertanya seputar Benjolan di Wajah menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Jika Anda yakin benjolan tersebut bukanlah jerawat, maka ada beberapa kemungkinan benjolan yang dapat terjadi.

Beberapa benjolan kecil pada wajah dan leher kemungkinan tumor jinak kulit. Kami tidak dapat menentukan diagnosis dikarenakan terbatasnya informasi yang Anda sampaikan. Penentuan diagnosis harus dilakukan dengan pemeriksaan langsung. Tumor jnak umumnya tidak membahayakan. Keluhan yang sering timbul dari pasien adalah masalah kosmetik. Diantara tumor jinak tersebut yang paling sering ditemukan adalah keratosis seboroik. Terdapat 9 (sembilan) jenis tumor jinak pada kulit. Beberapa dari itu akan dijelaskan disini.

Apakah Anda pernah melihat atau memiliki bercak coklat kehitaman pada wajah? Apakah perabaannya kenyal? Apabila iya, dari keluhan yang Anda sebutkan kemungkinan adalah keratosis seboroik. Keratosis seboroik adalah salah satu tumor jinak kulit yang ditandai bintil berwarna coklat sampai hitam dengan perabaan kenyal. Umumnya hal ini tidak membahayakan. Lokasi tersering timbulnya kelainan ini adalah muka dan tubuh bagian atas. Penyebabnya adalah pajanan matahari. Anjuran pengobatan untuk keratosis seboroik adalah bedah listrik, bedah beku dan bedah kimia..

Tumor jinak lain adalah yang dikenal dengan nama tahi lalat. Apakah Anda memiliki tahi lalat? Tahi lalat dalam dunia medis dikenal dengan nevus pigmentosus. Lokasi tersering tahi lalat adalag pada muka dan badan lainnya. Tahi lalat berbentuk binitl berbatas tegas, berkilat, dan umumnya berambut. Terapi untuk menghilangkan tahi lalat adalah dengan bedah skalpel.

Tumor jinak berikutnya adalah siringoma. Lokasi tersering dari siringoma adalah kelopak mata bawah atau kelopak mata atas, pipi, dan dahi. Siringoma berbentuk bintil bintil berukuran kecil dan berwarna putih. Terapi untuk menghilangkan siringoma adalah dengan bedah listrik.

Tumor jinak berikutnya adalah xantelasma. Xantelasma merupakan penumpukan lemak di kulit yang ditandai bintil coklat kekuningan. Lokasi tersering terdapat xantelasma adalah pada kelopak mata. Terapi yang dapat digunakan adalah bedah skalpel.

Demikian informasi seputar Benjolan di Wajah yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.              

0 Komentar

Belum ada komentar