Sukses

Bentol pada Penis
12 Jun 2019, 09:18 WIB
Pria, 16 tahun.

Maaf sebelumnya dok, saya ingin bertanya saya masih umur 16 memasuki usia 17 pada oktobernanti, saya mengalami tumbunya bentol di kepala penis saya, kadang² terasa sangat gatal dan sudah beberapa bulan tibul nya bentol tersebut namun tak hilang² bentol tsb, awalnya timbul bentol² di paha dan bokong saya yng terasa gatal ketika akan memasuki malam, namun bentol di paha dan bokong saya sudah sembuh, saya ingin bertanya dok saya mengalami penyakit apa? Apakah penyebabnya karna saya gendut, dan tolong beritahu saya apa obat yng tepat untuk mengobatinya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda tersebut dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, yaitu reaksi peradangan pada kulit (dermatitis), infeksi jamur, kutu (skabies), psoriasis, dan lain-lain. Sebelumnya, izinkan kami bertanya tentang beberapa hal untuk memberikan penjelasan lebih baik, seperti: Apakah Anda sudaha aktif secara seksual? Apakah Anda memiliki riwayat alergi kulit? Adakah keluhan gatal pada penis? Adakah cairan yang keluar dari penis Anda?

Bentol pada kepala penis dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, antara lain:

·         Pearly penile papules: bintik-bintik berwarna agak putih, merah, dapat juga sewarna kulit ,mengumpul pada lipatan kepala penis (corona penis). Bintik-bintik ini sifatnya jinak dan tidak berbahaya. Tidak disebabkan oleh infeksi menular seksual.

·         Condiloma akuminata (kutil): bintik-bintik pada kepala penis, biasa mengelompok dan bertumpuk-tumpuk. Disebabkan oleh Human Papiloma Virus (HPV). Penyakit ini merupakan disebabkan oleh infeksi menular seksual.

·         Moluscum kontagiosum: bintik-bintik juga pada kepala penis, pada bintik tersebut terdapat lekukan kecil (delle), disebabkan oleh virus.

·         Pyogenic granuloma: benjolan merah pada kulit yang berisi banyak pembuluh darah, berwarna merah terang dan mudah berdarah.

·         Sifilis : bentol yang berubah menjadi luka yang tidak nyeri, umumnya jumlahnya hanya satu buah.

·         Herpes Genitalis (Herpes Simpleks)

Bintil-bintil berisi cairan jernih  atau bernanah, berkelompok di atas kulit yang memerah. Jika pecah maka akan terasa nyeri. Dapat disertai dengan demam, rasa lemas dan tidak nafsu makan. Penyakit ini merupakan infeksi menular seksual dan disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe II.  Namun, pada pelaku seksual oral, infeksi  di daerah genitalia dapat juga disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe I.

·         Infeksi Jamur (Balanitis Kandida) Bintil-bintil berdinding tipis dan berisi cairan nanah. Lokasinya biasanya terletak di daerah kepala penis dan lekukan kepala penis. Penyakit ini disebabkan karena infeksi jamur dan didapatkan dari kontak seksual dengan pasangan yang mengalami infeksi jamur.

·         Skabies Skabies adalah kelainan dapat berupa bintik-bintik kemerahan atau bintil-bintil berisi cairan jernih atau nanah. Terasa gatal terutama di malam hari. Ditularkan dalam kelompok oleh parasit Sarcoptes scabiei. Daerah lain yang dapat terkena adalah sela jari tangan, pergelangan tangan bagian dalam, siku bagian luar, lipat lengan bagian dalam, pusar, bokong dan perut bagian bawah.

Untuk memastikan penyebab dari keluhan Anda, kami sarankan agar memeriksakan diri ke dokter kulit dan kelamin untuk evaluasi dan tatalaksana lebih lanjut. Untuk sementara, Anda bisa mengompres area yang gatal dengan air dingin, jangan menggaruk atau sembarang mengobati luka / area yang gatal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar