Sukses

Penyebab Telat Haid
11 Jun 2019, 11:16 WIB
Wanita, 20 tahun.

Halo dok saya mau tanya Saya berusia 20 tahun blm menikah, sekarang saya sudah telat haid sekitar lebih dr 2 minggu sblmnya saya berhubungan badan tp sperma tdk smpai masuk k dlm vagina. Gejala yg saya rasakan hnya telat haid, sedikit sembelit, emosi yg tdk karuan, payudara trkadang nyeri. Saya jg sdh berusaha melakukan gaya hidup sehat sprti joging, mkan pepaya, minum jamu kunyit (pelancar haid), mkan sayur, minum air putih bnyak, dan relaksasi Lalu saya coba tes slm 3x hasilnya negatif semua, saya merasa saya sdh melakukan tes dgn benar sesuai cara pemakaian tp knapa smpai skrng saya blm haid jg ya dok? Apakah saya trlalu stres mengkhawatirkan kehamilan yg blm tentu trjadi?

Terima kasih telah bertanya seputar penyebab telat haid melalui fitur Tanya Dokter.

Telat datang bulan memang salah satu tanda kehamilan, namun tidak pasti. Siklus haid memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bagaimana dengan siklus haid anda selama ini? Penyebab tidak haid ada banyak sekali, belum tentu terjadi kehamilan.

Pertama izinkan kami menjelaskan tentang gangguan siklus haid.Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama

Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30

Malnutrisi (kurang gizi)

Stres psikologis

Atlet

Kekurangan vitamin K

Penggunaan obat-obatan tertentu

Kelainan pembekuan darah

Gangguan hormon tiroid

Dan lain sebagainya

 

Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagiAnda 

    0 Komentar

    Belum ada komentar