Sukses

Luka di Bokong
11 Jun 2019, 11:17 WIB
Pria, 22 tahun.

dok mau tanya kenapa ya pantat saya kok sakit dan sakitnya itu seperti nyeri dok dan kalau di buat duduk sakit dok lalu sempat saya pegang kok seperti luka mengering ya dok tapi itu sakit sekali dok kira2 kenapa ya dok ? terima kasih dok ūüôŹ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami ketidaknyamanan yang Anda rasakan. Luka pada tubuh akibat penekanan tonjolan tulang pada penderita dengan imobilisasi  lama (berada di posisi yang sama/ tidak ada pergerakan) disebut ulkus dekubitus

Ulkus Dekubitus, juga dikenal sebagai bedsore, adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan pembentukan lesi/luka yang biasanya terdapat di daerah tubuh yang bertulang, sebagai akibat dari tekanan yang terus menerus karena duduk/tidur yang terlalu lama atau imobilitas. Biasanya hal ini disertai dengan bau busuk.

Mengobati ulkus dekubitus lebih sulit daripada mencegahya. Pada stadium awal biasanya akan membaik dengan sendirinya setelah tekanan dihilangkan. Namun bila luka telah mengalami infeksi akan sulit diobati. Kadang hingga memerlukan pencangkokan kulit pada daerah yang mengalami kerusakan. Tetapi cara ini tidak selalu dapat dilakukan, terutama pada usia lanjut atau penderita dengan malnutrisi.

Sayang sekali kami tidak dapat memberikan saran terapi yang Anda tanyakan tanpa adanya kepastian kondisi Anda saat ini karena dibutuhkan wawancara medis mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang. Untuk itu, kami sarankan Anda kembali berkonsul dengan dokter Anda mengenai terapi yang tepat dengan kondisi Anda saat ini. Sementara ini yang dapat Anda lakukan adalah membersihkan daerah luka dengan menggunakan larutan NaCl 0,9%, biasanya bila Anda berobat ke dokter nantinya dokter akan menambahkan salep antibiotik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar