Sukses

Penyebab Limfadenopati
11 Jun 2019, 11:17 WIB
Wanita, 17 tahun.

Kemarin saya melakukan usg pada bagian leher. Nah dari hasil usg ada tulisan kesan: di situ tertulis limfadenopatu submandibula sinistra. Itu artinya apa ya dok? Trs pas waktu saya nunjukin hasilnya ke dokter yg menanggani saya,dia malah nanya ada keluhan gak selama ini. Nah saya binggung keluhan yg seperti apa yg hrs sy keluhkan? Nah sebelumnya saya jg pernah di operasi gigi. Hanya untuk ngilangin benjolan itu. Krn katanya benjolan itu bisa hadir karena gigi saya bolong2.tapi stlh saya operasi gigi sebanyak 3 gigi yg di cabut. Benjolan tersebut masih tetap ada. Dan nanti stlh lebaran saya di suruh operasi gigi lgi.

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter.

Limfadenopati dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, di antaranya:

- Infeksi, seperti infeksi telinga, infeksi pada gigi atau gusi (seperti gingivitis), faringitis, infeksi kulit, campak, mononukleosis, Tuberkulosis, HIV.

- Penyakit autoimun, seperti lupus dan rheumatoid arthritis.

- Kanker, seperti limfoma dan leukemia.

- Penggunaan obat-obatan, seperti obat antikejang (misalnya phenytoin) atau vaksin tifus.

Limfadenopati juga dapat disebabkan oleh kondisi lain yang tidak tercantum pada daftar di atas. Segera temui dokter apabila merasakan gejala limfadenopati.

Diagnosis Limfadenopati

Dalam mendiagnosis kondisi, dokter awalnya akan melakukan pemeriksaan riwayat penyakit dan gejala yang muncul. Dokter akan melakukan sesi tanya jawab, memberikan pertanyaan ke pasien terkait kondisi yang diderita, seperti bagaimana dan sejak kapan pembengkakan kelenjar getah bening dialami. Kemudian dokter akan melakukan pemeriksaan berupa pengamatan terhadap ukuran dan tekstur benjolan.

Setelah itu, prosedur medis juga dapat dijalani untuk memastikan kondisi pasien. Beberapa prosedur yang digunakan untuk mendiagnosis limfadenopati meliputi:

Tes darah. Dokter akan menjalankan tes hitung darah lengkap atau complete blood count(CBC) untuk melihat kemungkinan infeksi.CT scan atau MRI. Kedua tes ini dapat dilakukan dengan disuntikkan zat pewarna kontras sebelumnya. Beri tahu dokter apabila memiliki riwayat alergi terhadap zat tersebut. Pemindaian ini berfungsi untuk mendeteksi sumber infeksi dan juga tumor.Biopsi. Dokter akan mengambil sampel dari kelenjar getah bening yang bermasalah, dan kemudian akan diperiksa di bawah mikroskop.

Demikian, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar