Sukses

Seputar kurap
10 Jun 2019, 23:40 WIB
Pria, 15 tahun.

Dok saya ingin bertanya sudah hampir sebulan yg lalu kulit saya terkena penyakit kurap setelah diobati salep 88 kulit sy mengering lalu mengelupas dan terganti dgn kulit berwarna putih pucat lalu sy oleskan kembali salep 88 malahan kembali mengering lalu mengelupas dan tergantikan lagi dgn kulit berwarna putih pucat itu, tidak gatal minta solusinya dok

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kurap yang anda maksud biasanya adalah infeksi jamur. Namun pertama-tama kami perlu mengajukan beberapa pertanyaan seperti: siapakah yang mendiagnosis Anda dengan kurap? Apakah oleh dokter? Pada daerah manakah timbul kurap seperti yang Anda sebutkan? Keluhan apa yang dialami Anda, apakah gatal? Jika memang betul terkena kurap atau infeksi jamur atau candida mudah terjadi dalam kondisi yang lembab.

Kulit yang lembab merupakan suasana yang baik untuk pertumbuhan kuman dan jamur. Gejala dari infeksi jamur adalah gatal, berbau, lembab, kulit mudah iritasi/kemerahan.

Bagaimana cara mencegah infeksi jamur?

  • Mandi minimal 2 kali sehari dan bersihkan daerah lipatan setiap hari dan kemudian dikeringkan dengan kain kering.
  • Gunakan pakaian berbahan katun atau yang menyerap keringat.
  • Jangan menggunakan handuk bersama-sama dengan orang lain. Gunakan handuk bersih, cuci handuk sesering mungkin.
  • Jangan menggunakan pakaian atau celana dalam yang terlalu ketat
  • Menurunkan berat badan. Seseorang dengan berat badan lebih memiliki risiko terkena infeksi jamur lebih tinggi.
  • Segera mandi setelah melakukan aktifitas fisik yang membuat Anda banyak berkeringat

Maka dari itu jika memang betul penyebabnya jamur, salep 88 tidak mengatasi masalah. Pengobatan untuk jamur biasanya membutuhkan waktu agak lama, sekitar 2-4 minggu. walaupun kulit telah kembali normal dan Anda tidak lagi mengalami gejala, pengobatan harus tetap dilanjutkan paling tidak hingga 2 minggu setelahnya, memang dibutuhkan kesabaran dan kedisiplinan dalam hal tersebut. Sebaiknya hindari kebiasaan menggaruk karena akan menyebabkan kulit semakin gatal dan meningkatkan risiko iritasi dan infeksi. Kami sarankan untuk periksa langsung ke dokter agar diberikan pengobatan yang sesuai.

Mengenai hal ini anda bisa membaca:

mencegah infeksi jamur pada kulit

jangan sembarangan mengobat infeksi jamur

kelainan kulit akibat infeksi jamur

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Infeksi Jamur Kulit. Semoga bermanfaat untuk Anda.

 

0 Komentar

Belum ada komentar