Sukses

Mata Mengganjal

10 Jun 2019, 10:50 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat pagi, Dok. Selama empat hari belakangan saya merasakan ada kejanggalan pada Mata kanan saya, setiap berkedip selalu ada yang mengganjal seperti batu kecil atau pasir posisinya selalu sama di sisi pinggir kiri dari mata kanan saya. Awalnya saya kira hanya kelilipan tapi ini berlangsung selama empat hari setelah dicek juga tidak ada apa-apa sepertinya bukan kelilipan. Saya juga jadi sensitif/peka terhadap cahaya dan sinar matahari. Kira-kira ini kenapa ya dok? Dan apa solusi terbaiknya? Jika memang harus menggunakan obat mata di apotek jenis obat apakah yang cocok buat saya? Terima kasih sebelumnya

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter

Apakah Anda memiliki alergi? Apabila ya, kemungkinan ini bisa merupakan salah satu penyebab mata mengganjal pada Anda, yaitu kondisi konjungtivitis alergi.

Banyak hal yang bisa menyebabkan mata terasa mengganjal. Idealnya diperlukan evaluasi lebih lanjut, termasuk pemeriksaan fisik langsung pada mata Anda untuk memastikan penyebabnya. Yang paling sering menyebabkan mata terasa mengganjal adalah peradangan pada konjungtiva (konjungtivitis). Berdasarkan penyebabnya, konjungtivitis terbagi menjadi empat:

·       Konjungtivitis alergik

·       Konjuntivitis bakterial

·       Konjungtivitis viral

·       Konjuntivitis kimia

Pemilihan terapi yang sesuai bergantung pada penyebab keluhannya dan harus dilakukan dalam pengawasan Dokter yang kompeten. Yang dapat Anda lakukan adalah memperhatikan kebersihan mata Anda:

·       Jangan menyentuh apalagi menggosok mata dengan kedua tangan

·       Cuci tangan yang bersih secara berkala

·       Cuci handuk setiap hari, dan jangan memakainya bersama orang lain

·       Hindari penggunaan kosmetik mata, terutama maskara

·       Bila memakai lensa kontak, hindari penggunaannya sementara waktu

·       Beri kompres hangat pada mata yang terkena

Kami menyarankan agar Anda segera mengunjungi Dokter Spesialis Mata untuk konsultasi lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar