Sukses

Keram, Asam Urat
10 Jun 2019, 01:41 WIB
Wanita, 19 tahun.

Jadi kan dok biasanya waktu kita duduk kita kan numpuin kaki ke kaki satunya (bahasa jawanya jigang kalo nggak salah) kalo dalam posisi lama yang bertumpu itu sakit, misal yang kaki kiri di atas itu yang sakit. Waktu tidur juga gitu dok, kan tengkurap kakinya slonjoran, misal kaki kanannya di atas kaki kiri, ntar bangun2 kaki kanan itu kayak mati rasa pas mau diturunin/digerakin itu sakit banget, sakitnya itu pusatnua di samping dengkul bagian kanan, di tekukpun nggak bisa saking sakitnya. Apa ada masalah dengan persendian atau gimana dok? Soalnya udah lama dok. Kata temen saya asam uratlah rematiklah. Jadi bagaimana dok?

Terima kasih telah bertanya seputar kaki keram menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kram pada kaki atau betis  biasanya berlangsung selama beberapa menit, namun pada beberapa kasus dapat bertahan sampai 10 menit. Biasanya kram ini muncul pada saat beristirahat – umumnya malam hari sewaktu tidur atau karena adanya lipatan / penekanan yang cukup lama pada organ tubuh tertentu.

penyebab primer umumnya tidak diketahui. Satu teori menyebutkan bahwa kram muncul ketika otot yang sudah berada posisi memendek, distimulasi untuk berkontraksi. Karena otot tersebut sudah dalam keadaan memendek, kontraksi (pemendekan serabut otot) lebih jauh lagi akan menyebabkan otot tersebut spasme. Hal ini umumnya terjadi pada malam hari, saat tiduran dimana posisi lutut sedikit tertekuk, dan kaki sedikit menghadap bawah. Pada posisi ini otot betis relatif memendek dan lebih rentan terhadap kram. Karena itu latihan stretching dapat mengatasi masalah ini.

Penyebab sekunder biasanya berupa kerja otot betis yang terlalu berat karena berolahraga, terutama bila dekat waktu tidur. Olaharaga yang berlebihan menyebabkan penumpukan asam laktat pada otot sehingga eneergi tidak dapat masuk.Keadaan dehidrasiKonsumsi alkohol yang berlebihKurangnya kadar kalium, kalsium, magnesium dan mineral-mineal lain dalam darahKekurangan vitamin BKondisi dehirasi (kurang cairan dalam tubuh)Penggunaan obat-obat tertentu, seperti antipsikotik, diuretik, statin, dan steroidMemiliki telapak kaki yang datarMenderita gangguan tiroid (ketidakseimbangan hormon), diabetes, atau hipoglikemia.Gangguan pembuluh darah perifer, energi tidak sampai ke otot.Udara kamar (AC) terlalu dingin. Pada saat dingin, pembuluh darah mengkerut untuk mempertahankan panas dalam tubuh, akibatnya suplai darah ke otot pun berkurang, sehingga energi tidak sampai ke otot.

Sedangkan penyakit  meningkatnya kadar asam urat terjadi ketika terdapat peradangan pada sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal monosodium urat pada sendi dan jaringan di sekitarnya.

Anda sebaiknya melakukan pemantauan terhadap kadar asam urat secara berkala. Jika hasilnya menunjukkan bahwa kadar asam urat terlampau tinggi dan Anda sempat mengalami keluhan yang berkaitan dengan penyakit ini, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Jangan pernah menganggap sepele penyakit asam urat, karena kondisi ini bisa sangat mengganggu aktivitas, bahkan menurunkan kualitas hidup Anda sepenuhnya.

Untuk menghentikan kram saat terjadi, Anda dapat berjalan keliling kamar, regangkan otot , atau kompres hangat atau dingin, hindari menekan atau menekuk kaki yang lebih lama. Jika dengan cara pencegahan dan penanganan di atas, kram terus muncul, sebaiknya  Anda berobat ke dokter specialis neurologi atau orthopedi untuk menyingkirkan penyebab kram yang lain.

Demikian informasi seputar kaki keram yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.  

1 Komentar

  • A'if Cooll

    assalamualaikum...dok sya mau tanya suami saya sering sakit kakinya yang d rasa kakinya sakit trs kalau dbwa batuk kaya yg sakit bngt.itu pnyakit apa ya dok trus obat nya apa.trms..