Sukses

Ketiak Gatal

09 Jun 2019, 08:31 WIB
Wanita, 16 tahun.

Dok, saya ada masalah kulit dibagian ketiak. Berwarna merah kehitaman,kulit mengelupas dan sangat gatal,namun jika digaruk malah berdarah,sakit Dan mengeluarkan cairan yang baunya tidak enak. Mohon bantuannya, bagaimana cara saya mengobatinya

Terima kasih atas telah bertanya tentang ketiak gatal melalui fitur Tanya Dokter.

Faktor yang memicu produksi kelenjar keringat seperti kelembaban udara yang tinggi, suhu dan cuaca panas, dan aktivitas fisik, juga dapat berperan pada timbulnya keluhan Anda. Faktor lainnya antara lain:

- Higiene yang kurang. Ketiak merupakan area yang rentan terhadap infeksi bakteri akibat terkumpulnya keringat dan debu/kotoran. Bersihkan diri terutama ketiak Anda minimal 2x sehari untuk mencegah timbulnya gatal.

- Infeksi jamur

infeksi dapat terjadi pada saat imunitas tubuh menurun

- Hiperhidrosis axilla

- Miliaria rubra. Merupakan kondisi dimana muncul ruam dan gatal pada ketiak, akibat kelenjar yang tersumbat

- Psoriasis

- Dermatitis. Merupakan peradangan pada kulit, dengan tanda kemerahan dan gatal atau nyeri. Hal ini dapat disebabkan oleh iritasi sabun maupun parfum.

- Deodoran dan antiperspiran. Penggunaan deodoran, antiperspiran, bedak, dapat menyumbat kelenjar keringat dan memicu peradangan maupun infeksi.

Yang dapat Anda lakukan adalah meningkatkan frekuensi membersihkan diri, menghindari penggunaan deodoran/bahan kimia atau bedak pada bagian ketiak Anda, hingga tidak lagi ada keluhan, gunakan pakaian dengan bahan katun yang mudah menyerap keringat.

Dari keluhan yang Anda sampaikan bisa saja mengarah kepada infeksi jamur. Namun, apabila keluhan tersebut semakin berat atau menimbulkan ruam, benjolan, ataupun nyeri, kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar memperoleh pengobatan optimal.

Baca juga:

Seputar Infeksi Jamur

Jenis Infeksi Jamur

Kulit Gatal Bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatan Anda

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang ketiak gatal.

0 Komentar

Belum ada komentar