Sukses

Solusi Gigi Bungsu Yang Tumbuh

07 Jun 2019, 06:45 WIB
Wanita, 45 tahun.

Selamat malam dokter. Gigi bungsu saya atas bawah pertumbuhannya bagus. Cuma yg bawah keduanya masih tertutup 1/3nya sama gusi, jd kotoran sulit diberslihkan & menimbulkan bau mulut, kadang jg sakit kalau makan keras2. Apakah bisa gusi yg menutup gigi dioperasi/dirobek? Apakah gusi bisa pulih & tdk sakit lagi pasca operasi? Trimakasih.

Terima kasih sudah bertanya seputar Solusi untu gigi bungsu yang tumbuh melalui fitur Tanya Dokter.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami dan saya juga dapat mengerti bahwa keluhan yang Anda rasakan terkait gigi geraham bungsu yang tumbuh memang sungguh mengganggu. Gigi geraham bungsu yang tumbuh impaksi atau mengalami gangguan pertumbuhan memang dapat menyebabkan beberapa masalah dan gangguan. Gigi impaksi dapat terbenam seluruhnya dalam tulang, atau bisa juga hanya separuh mahkota yang berhasil menembus tulang dan gusi dan posisinya biasanya tidak tegak melainkan sedikit miring atau posisi abnormal lainnya. Munculnya gigi geraham bungsu terjadi pada usia 17- 21 tahun dan berbeda-beda pada tiap orang.

Banyak para ahli yang menyarankan pencabutan pada kasus gigi seperti ini, karena jika hanya diberi obat untuk mengurangi radang gusi, peradangan tersebut nantinya akan kembali berulang. Selain itu gigi yang posisinya miring akan sulit dibersihkan sehingga sisa makanan dapat mudah terjebak pada daerah tersebut dan dapat menyebbakan masalah lebih lanjut.

Pencabutan gigi bungsu Anda memang tidak dapat dilakukan pencabutan biasa,  diperlukan operasi minor. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena tindakan ini merupakan operasi kecil dengan pembiusan lokal. Jika dilakukan sesuai prosedur, resiko komplikasi dapat ditekan seminimal mungkin. Selain pembengkakan, infeksi dan beberapa gangguan lainnya gigi impaksi memang dapat menimbulkan gangguan pada daerah sekitarnya dan kepala.

Sangat banyak kasus-kasus gigi molar tiga tumbuh miring atau terhalang tulang (impaksi) atau horizontal dan pada sebagian besar menyebabkan timbulnya rasa sakit luar biasa hingga tidak dapat membuka mulut, atau ada juga yang tidak timbul keluhan sama sekali. Ada juga yang hanya tumbuh sebagian sehingga gusinya juga terbuka sebagian sehingga membentuk celah. Adanya celah ini menyebabkan makanan mudah terjebak dan sulit  dibersihkan hingga seringkali gusi di daerah mahkota gigi yang baru tumbuh sebagian tersebut bengkak dan sakit sekali.

Baca juga artikel terkait :

- Tips Pemulihan setelah Operasi Gigi Bungsu

- 3 Makanan yang Dianjurkan setelah Operasi Gigi Bungsu

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar