Sukses

Radang tenggorokan dan bisul pada pantat
06 Jun 2019, 17:47 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, mau tanya kira2 jika panas demam tinggi dari sore, tenggorokan radang, dan ada benjolan bisul di pantat apakah berbahaya? Bagaimana penanganannya? Terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar radang tenggorokan dan bisul pada pantat menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Dari gejala-gejala yang Anda sampaikan, kemungkinan Anda mengalami penyakit faringitis (inflamasi/ radang tenggorokan). 

Penyakit radang tenggorokan ini seringkali berkaitan dengan penurunan daya tahan tubuh, oleh sebab itu hal utama yang kami anjurkan adalah sebagai berikut:

- Istirahat yang cukup. Dalam sehari, biasakan tidur selama 7-8 jam per hari karena tidur adalah waktu bagi tubuh untuk memperbaharui sel-sel dan membangun kembali tenaga yang telah terkuras.

- Mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, dan minum yang cukup. Cukupkan konsumsi zat gizi yang dibutuhkan tubuh, dengan melengkapi berbagai sumber zat gizi dalam menu Anda. Misalnya karbohidrat (nasi, mie, roti), protein (daging-dagingan, ikan, tahu dan tempe), lemak (daging, susu), vitamin dan mineral  (buah-buahan, sayuran).

- Konsumsilah cairan dalam jumlah yang cukup, dan untuk kondisi yang sedang anda alami, meminum air hangat adalah langkah yang baik karena disamping membuat nyaman tenggorokan yang sedang radang, air hangat dapat mengurangi pembengkakan area tenggorokan.

- Menghindari kondisi stres dan tekanan psikologisMengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi suplemen seperti vitamin C cukup baik dilakukan dalam kondisi penurunan imun tubuh. Hal yang harus diperhatikan bahwa, sumber alami vitamin C (misalnya buah jeruk, mangga) tetaplah sumber vitamin C yang lebih diutamakan. Selain itu, seringkali vitamin C dalam suplemen memiliki kandungan yang terlalu besar dibanding yang dibutuhkan tubuh. Suplemen vitamin C kurang baik untuk dikonsumsi jangka panjang, lebih lanjut konsultasikan dulu kepada dokter Anda.

- Untuk memberikan kenyamanan area tenggorokan dan mempercepat penyembuhan, dapat dibantu dengan menghisap-hisap tablet antiseptik yang dijual bebas. Sekali lagi, tablet hisap ini tidak untuk digunakan dalam jangka panjang.Bila nyeri tenggorokan Anda berlangsung selama 5 hari atau lebih, maka kemungkinan besar telah ada infeksi bakteri dan Anda membutuhkan antibiotik. Kunjungi dokter terdekat untuk mendapatkan antibiotik yang sesuai dengan Anda.

Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran sisebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh.

Obat untuk mengobati bisul, sesuai dengan penyebabnya, adalah antibiotik, bisa berupa topikal (dioleskan) ataupun oral (tergantung jenis furunkel). Namun sesudah diberikan antibiotik, guna mencegah bisul tersebut kambuh kembali, disarankan untuk menjaga kebersihan daerah tersebut. Dalam kasus Anda, kelembaban daerah bokong akan mempermudah timbulnya bisul kembali.

Disarankan untuk menjaga kebersihan daerah sekitar bokong, mengeringkan daerah bokong dan sekitarnya setelah BAB dan BAK dengan handuk kecil atau tissue, tidak menggunakan celana dalam ataupun celana yang ketat, disarankan memakai pakaian dalam dari bahan kaos atau katun, dan rajin berganti pakaian dalam.

Apabila keluhan ini sudah berulang, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai radang tenggorokan dan bisul pada pantat. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar