Sukses

Cairan Kuning dari Telinga

06 Jun 2019, 07:50 WIB
Wanita, 23 tahun.

malem dok saya mau tanya, anak saya usia 6bulan telinga bagian kanannya sudah 3 hari setiap pagi keluar kotoran yg warnanya kuning kadang sedikit coklat dan kadang" juga berbau tapi tidak menyengat. tadi sore pas saya liat menggunakan senter di dalam telinganya seperti ada gumpalan putih dok. itu cuma terjadi di telinga bagian kanan sedangkan yg kiri normal. telinga anak saya kenapa ya dok berbahaya atau tidak atau perlu saya bawa ke THT dok? tolong informasinya dok. terimakasih

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai cairan kuning dari telinga melalui fitur Tanya Dokter.

Telinga yang mengeluarkan cairan berwarna kuning seperti itu, biasanya diikuti rasa sakit, dan itu merupakan gejala adanya infeksi di dalam telinga. Penyebab dari infeksi tersebut juga beraneka ragam, yang tersering disebabkan karena penyakit flu.

Keluhan anak Anda juga bisa berkaitan dengan infeksi di telinga tengah (otitis media). Penyakit ini perlu segera ditangani dengan baik dan tepat oleh dokter ahli telinga, hidung,dan tenggorokan (THT). Bila masih keluar cairan terus menerus maka perlu dilakukan pencucian telinga dan diberikan obat tetes telinga dan antibiotik minum. Sumber infeksi yang menyebabkan terjadinya infeksi harus terlebih dahulu ditangani dengan baik. Setelah cairan/sekret kering kemudian dapat dilakukan operasi miringoplasti atau timpanoplasti. Operasi ini bertujuan untuk mengehentikan infeksi secara permanen, memperbaiki membran timpani (gendang telinga) yang pecah, memperbaiki pendengaran dan mencegah terjadinya kerusakan pendengaran yang lebih berat. Untuk kerusakan gendang telinga yang lebih ringan biasanya dikerjakan miringoplasti yang hanya memperbaiki gendang telinga saja. Sedangkan untuk kerusakan yang lebih berat perlu dilakukan operasi timpanoplasti yang juga dilakukan pada tulang-tulang pendengaran, dan tidak jarang perlu dilakukan beberapa tahap operasi.

Kami sarankan, Anda mengunjungi dokter spesialis THT untuk terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan terhadap derajat kerusakan gendang telinga yang saat ini terjadi pada telinga anak Anda dan juga untuk menuntaskan infeksi yang mungkin masih terjadi pada telinganya.

Baca juga:

Seputar Otitis Media Akut

Cara Membersihkan Telinga Anak

Kiat Tepat Menjaga Kebersihan Telinga Anak

Demikian informasi ini kami sampaikan mengenai cairan kuning dari telinga, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar