Sukses

Cegukan

06 Jun 2019, 07:50 WIB
Pria, 20 tahun.

Malam dok Saya ingin bertaya, ayah saya beberapa hari belakangan ini selalu mengalami cegukan, cegukan ini biasanya terjadi saat ayah saya selesai makan, dan dalam waktu 15-30 menit cegukan nya baru akan berhenti. Jadi ini tanda apa ya dok? Soalnya kalau saya baca di google ada indikasi penyakit tertentu.

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com untuk bertanya tentang Cegukan.

Kami mengerti kekhawatiran anda.

Cegukan atau hiccup terjadi ketika adanya spasme (ketegangan otot) pada kontraksi diafragma, yaitu suatu otot yang memisahkan rongga dada dan rongga perut.

Spasme ini menyebabkan pengambilan nafas seketika berhenti dengan tertutupnya pita suara (glottis). Penutupan inilah yang menyebabkan karakteristik suara cegukan.

Apa yang menyebabkan cegukan?

Lambung yang penuh dapat menyebabkan terjadinya cegukan yang akan hilang dengan sendirinya. Lambung yang penuh dapat disebabkan oleh:

  • Makan terlalu banyak & terlalu cepat
  • Mengonsumsi terlalu banyak alkohol
  • Merokok
  • Perubahan seketika pada temperatur lambung, misalnya minum terlalu panas kemudian terlalu dingin
  • Stress emosional

Selain itu, cegukan dapat merupakan suatu tanda adanya suatu penyakit, misalnya: diabetes, penyakit ginjal kronis, gangguan elektrolit, deviasi septum, stroke, meningitis, ensefalitis, laringitis, dan lain - lain.

Cegukan biasanya berhenti dalam waktu beberapa menit hingga beberapa jam. Cegukan yang berlangsung lebih dari 48 jam, perlu dicurigai merupakan suatu tanda adanya masalah kesehatan serius yang membutuhkan konsultasi lebih lanjut dengan dokter.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com.

Baca juga:

Seputar Cegukan

Jangan Anggap Sepele Cegukan

Tips untuk Menghentikan Cegukan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cegukan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar