Sukses

Nyeri Perut Saat Batuk

05 Jun 2019, 06:58 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya mau tanya kenapa perut kanan bagian bawah saya sakit yah? Udah 3 hari ini. Kalau buat batuk atau bangun dari berbaring itu sakit banget. Badan saya juga akhir" ini ga enak seperti demam. Sakit ini muncul setelah saya kecelakaan motor.

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri perut kanan saat batuk melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk daerah perut bagian kanan terdapat beberapa penyakit yang perlu dipertimbangkan. Berikut beberapa penyakit beserta gejala yang dapat menyertai:

Penyakit hati: Pasien bisa mengeluh lemas, kulit kekuningan, nyeri perut bagian kanan atas, riwayat sakit kuning sebelumnya.

Penyakit lambung: pada umumnya sakit lambung atau umum dikenal masyarakat dengan asam lambung, mengakibatnya nyeri daerah ulu hati, walaupun tidak menutup kemungkinan pasien mengeluh nyeri pada perut kanan atas. Selain itu, pasien juga dapat mengeluh perut begah, mual dan muntah.

Sakit  paru: gejala paling umum dari sakit paru adalah gejala pernafasan, Anda bisa merasa sesak, batuk dan nyeri dada, nyeri saat menarik napas.

Nyeri perut bagian kanan bawah paling sering diakibatkan karena radang usus buntu (apendisitis).  

Nyeri akibat otot dan tulang: Nyeri ini khususnya jika Anda mempunyai riwayat trauma sebelumnya.

Nyeri alih dari ginjal biasanya dirasakan di pinggang belakang dan dapat menjalar ke perut bagian depan.

Bila memang terdapat riwayat jatuh dari motor dan terbentur di area nyeri perut kanan, maka sangat mungkin nyeri akibat gangguan pada otot dan tulang. Untuk menentukan penyebabnya, Anda harus berkonsultasi langsung dengan dokter untuk pemeriksaan lanjutan. Pengobatan juga disesuaikan dengan penyakit yang mendasari keluhan Anda tersebut. Kami sarankan Anda melakukan konsultasi dan melakukan pemeriksaan penunjang (bila diperlukan) seperti USG perut.

 Demikian informasi seputar nyeri perut saat batuk yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar