Sukses

Payudara Pria Menonjol

03 Jun 2019, 23:01 WIB
Pria, 21 tahun.

Pagi dok... saya mau nanya bagaimana solusinya.. kalau puting susu pada pria menonjol.. gak ada rasa sakit hanya menonjol saja sejak saya kelas 2 SMP, sampai sekarang masih menonjol dok.. awalnya keras lalu putingnya saya tekan.. agak saya tarik lama kelamaan nonjol dok.. terimakasih dok

Terima kasih telah bertanya seputar payudara menonjol pada pria menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kami asumsikan kondisi yang Anda ceritakan berkaitan dengan penumpukan lemak di dada pada pria.

Pembesaran dada atau payudara pada pria (ginekomastia) bisa disebabkan oleh beberapa hal:

  • Proses normal: terjadi pada anak baru lahir, masa pubertas, penuaan, atau obese (kelebihan berat badan)
  • Proses tidak normal: masalah gangguan hormon, gangguan hati, gangguan ginjal, atau penggunaan obat-obatan seperti steroid, spironolakton, ataupun alkohol.

Untuk itulah, agar dapat menangani ginekomastia dengan baik maka perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan oleh dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui apakah disebabkan karena proses normal atau tidak normal. Dan jika disebabkan oleh proses tidak normal, juga perlu ditelusuri lebih jauh penyebabnya. Penanganannya akan disesuaikan dengan penyebabnya. Untuk penanganan lebih lanjut, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam.

Jika dada yang membesar disebabkan oleh kelebihan lemak maka oahraga yang dilakukan ialah gabungan antara olahraga beban dan kardio.

Olahraga adalah cara terpenting untuk membakar lemak yang sudah menumpuk pada tubuh. Ketahuilah bahwa lemak bukanlah cadangan energi yang digunakan pertama kali saat tubuh kekurangan energi. Pertama-tama, tubuh akan menggunakan glukosa dan glikogen sebagai pemasok energi. Saat keduanya telah habis, barulah lemak akan dipecah menjadi sumber energi.

Dengan begitu, olahraga yang paling tepat untuk seseorang yang ingin menurunkan lemak dan mengalami obesitas adalah olahraga yang dilakukan dalam waktu yang cukup lama, misalnya durasi olahraga harus mencapai 45 menit hingga 1 jam (hingga cadangan lemak harus dibakar untuk memperoleh energi).

Lakukanlah olahraga yang tidak terlalu berat (intensitas ringan-sedang), asalkan rutin yakni minimal 3 kali per minggu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar