Sukses

Pusing Berputar, Nyeri Ulu Hati
02 Jun 2019, 19:03 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat sore dok saya ingin bertanya akhir-akhir ini saya sering pusing seperti berputar dan mual juga dan beberapa hari yang lalu saat saya sedang berjalan tiba-tiba saja kaki kanan saya lemas sampai saya terjatuh, ulu hati dan pinggang kiri saya juga sakit. Mengapa ya dok? Sakit apa ya? Terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar kehilangan keseimbangan dan nyri ulu hati dengan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

  • Sesuai dengan keluhan seperti pusing berputar, hilang keseimbangan, mual,  dapat juga  muncul keringat dingin, hingga pergerakan mata yang tidak normal (nistagmus), hal tersebut merupakan gejala yang tidak mengenakkan yang biasa terjadi pada Vertigo atau biasa disebut dizziness, hal ini merupakan gejala sensasi diri sendiri atau ruangan sekeliling yang terasa berputar. Atau bisa juga dipahami sebagai sensasi di mana tubuh terasa melayang seakan mau jatuh.

Nah, gejala vertigo ini pada setiap orang dapat bervariasi. Ada yang berlangsung sebentar, tetapi ada pula yang mengalami vertigo dalam durasi lama.

Vertigo secara garis besar terbagi menjadi dua jenis, yaitu vertigo perifer dan vertigo sentral. Vertigo perifer adalah jenis vertigo yang lebih banyak dialami. Vertigo jenis ini disebabkan adanya gangguan pada telinga dalam.

Bentuk vertigo perifer yang paling banyak menyerang adalah Benign Positional Paroxysmal Vertigo (BPPV). Vertigo ini disebabkan adanya deposit kalsium di kanal telinga dalam dan dipengaruhi oleh posisi tubuh.

Sementara itu, vertigo sentral adalah vertigo yang disebabkan karena adanya suatu lesi patologis di otak. Misalnya, pasca stroke, adanya tumor, hingga epilepsi.

Selain rasa pusing berputar, biasanya vertigo juga disertai dengan gejala lain yang bervariasi. Setiap orang tidak harus merasakannya, tetapi dapat mengalami gangguan keseimbangan (tidak bisa berdiri tegak), mual, muntah, dan berkeringat dingin. Penderita vertigo juga dapat mengalami gangguan pendengaran seperti terdengar dentingan atau dengungan di telinga (tinnitus) hingga tidak mendengar suara.

  • Pada umumnya, nyeri ulu hati biasa terjadi  penderita penyakit asam lambung akan mengeluhkan mual muntah serta nyeri seperti terbakar pada ulu hati. Nyeri ulu hati pada penderita asam lambung dapat berlangsung hingga 2 jam. Rasa nyeri biasanya akan memburuk saat makan makanan. Rasa nyeri dapat membaik dengan memposisikan tubuh dengan berdiri dan meminum obat golongan antasida.

Apakah ada keluhan lain yang menyertai seperti demam, diare, sulit buang air besar, penurunan berat badan, sering sendawa, nyeri ulu hati, rasa panas di tenggorokan? Bagaimana dengan pola makan Anda, apakah teratur? Apakah Anda sering merokok, minum kopi/teh/alkohol? Apakah Anda sedang mengalami stres?

Penyebab tersering adalah karena peyakit lambung, dimana asam lambung meningkat bisa menyebabkan keluhan nyeri perut ulu hati dan sensasi sesak nafas. Penyakit maag adalah ganguan pada lambung dimana terjadi peningkatan asam lambung. Maag itu sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi kuman H.Pylori, stres, sering telat makan dsb. Nah penyebab-penyebab itu dapat menyebabkan ulkus (luka pada lambung) yang dapat menyebabkan gangguan pada dinding lambung yang lama.

Saya sarankan  sebaiknya mendatangi fasilitas kesehatan terdekat  untuk dapat dilakukan pemeriksaan fisik untuk keluhan pusing berputar dan nyeri ulu hati. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan pemeriksaan menyeluruh, sehingga dokter bisa memberikan diagnosis dan pengobatan tepat terhadap penyakit yang mendasari keluhan tersebut. jangan sampai diabaikan, karena gejala ini sangat mungkin untuk menyebabkan berbagai gangguan hingga penurunan kualitas hidup orang yang mengalaminya.

Jangan ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis THT terkait pusing berputar jika dirasakan keluhan yang tidak membaik dan pada keluhan nyeri ulu hati yang menetap awaupun telah diobati  sebaiknya berkonsultasi pada dokter spesialis Penyakit Dalam. 

Demikian informasi seputar kehilangan keseimbangan dan nyri ulu hati yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.            

0 Komentar

Belum ada komentar