Sukses

Penyebab Batuk Berdarah

31 May 2019, 18:00 WIB
Pria, 61 tahun.

Dok saya mau tanya.. Saya timbul penjolan pada leher sebelah kanan sudah sejak lama, namun akhir2 3 bulan ini serasa sakit sekali. Dan saya leb saya di nyatakan dokter onkologi terkena kanker leher stadium 3. Baru 2 hari lalu saya kemoterapi dok benjolannya semakin kempes di hari pertama selesai kemoterapi, tapi masi serasa sakit dan batuk tak berhenti, hari ke dua sekarang dok saya semakin batuk tak karuan dan keluar riyak bercampur darah, kepala serasa sakit banget dan cenut2, badan juga sakit semua dok.. Dok bahaya tidak saya batuk keluar darah? Dan apa ada solusi untuk penyakit saya? Dan bagaimana untuk bangkit sembuh dok?

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Batuk atau lendir yang berdarah saat batuk dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti, darah yang keluar bersumber dari rongga mulut (gigi atau gusi) yang ikut terbawa keluar bersama saat Anda batuk, adanya luka lecet pada saluran pernafasan akibat batuk yang terlalu dipaksa (pada perokok aktif, atau radang saluran pernapasan atas) yang menyebabkan rasa gatal dan memicu batuk berulang. Batuk juga merupakan gejala utama pada beberapa penyakit paru seperti flek paru (yang disebabkan oleh bakteri tuberculosis) atau pada keadaan lebih berat yaitu akibat tumor.

Darah yang keluarpun bisa sangat bervariasi, mulai dari bercak darah, hingga dahak berdarah yang kental.

Di Indonesia sendiri banyak sekali yang terinfeksi oleh Tuberkulosis atau sering disebut flek. Ada beberapa gejala yang sering muncul bersamaan yaitu, keringat di malam hari, berat badan yang susah naik, nafsu makan yang menurun, batuk yang cukup lama kadang dapat disertai reak bercampur darah, dan adanya riwayat kontak dengan anggota keluarga atau tentangga penderita TBC paru.

Untuk mengatasi keluhan ini harus diketahui dulu penyebabnya. Yang kami anjurkan adalah menghentikan kebiasaan merokok (apabila Anda seorang perokok aktif), menjaga daya tahan tubuh dengan istirahat yang cukup, perbanyak minum air putih dan mengkonsumsi nutrisi seimbang. Anda dapat menambah konsumsi makanan tinggi protein seperti telur, untuk mempercepat penyembuhan. Dan, jangan lupa untuk memeriksakan diri ke dokter terdekat apabila keluhan ini tetap berlanjut atau mengalami progesifitas kearah perburukan.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar