Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Efek Penggunaan Postinor

29 May 2019, 12:50 WIB
Pria, 23 tahun.

Siang dok, saya ingin bertanya, tanggal 30 april sya berhubungan dengan pasangan saya dan keluar di dalam, 1 jam setelah itu minum postinor 2 2 sekaligus. Tanggal 11 Mei harusnya pasangan saya menstruasi tapi lebih cepat 1 hari yakni tangga 10 dan 2 hari sebelum mens dia merasakan kram perut tpi biasanya dia kram perut sblum haid itu seminggu sebelum haid. Dan darah mens yang dikeluarkan juga banyak dok. Apakah ini normal dok? Atau efek samping postinor 2 tadi?

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Kandungan aktif yang terdapat pada Postinor-2 adalah Levonorgestrel. Kami akan sedikit menjelaskan tentang Levonorgestrel.

Levonorgestrel biasa digunakan sebagai alat kontrasepsi darurat. Cara kerjanya, adalah dengan mencegah pelepasan sel telur dari ovarium (secara sengaja mengganggu siklus menstruasi atau masa subur) atau menghambat fertilisasi sel telur oleh sperma. Levonorgestrel juga dapat mengubah ketebalan dinding rahim untuk mengecilkan kemungkinan terjadinya kehamilan.

Sesuai indikasi medis dan anjuran dokter, obat ini relatif aman digunakan, meskipun memiliki beberapa efek samping selama penggunaan seperti mual muntah, sakit kepala, diare, dan gangguan menstruasi.

Pada umumnya, semua obat jika dikonsumsi secara berlebihan, akan menyebabkan perubahan dan gangguan pada sistem tubuh. Levonorgestrel, dalam konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan:

Flek dan perdarahan diluar siklus menstruasiInteraksi obat dengan obat-obatan lain yang diminumResiko terjadinya infertilitas / kemandulan, karena interupsi siklus menstruasi dan masa subur yang berlangsung dalam jangka panjang. Terjadinya kehamilan sangat dipengaruhi oleh siklus menstruasi dan masa subur seseorang.Kami sarankan, konsumsi obat sesuai dengan aturan pakai dan anjuran dokter. Jika ada keluhan, efek samping, atau pertanyaan yang sekiranya membutuhkan pemeriksaan fisik, segera konsultasikan ke dokter agar mendapat penanganan segera.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar