Sukses

Penyebab Batuk Lama
29 May 2019, 13:40 WIB
Wanita, 22 tahun.

Permisi dok, awalnya saya di diagnosa ISPA dg gejala demam, batuk, pilek, dan sakit kepala namun karena blm kunjung sembuh gejalanya kemudian di tes darah dan hasilnya positif tifus.Namun selama tifus batuk saya masih ada dok (batuk kering) dan terasa sangat mengganggu karena perut saya yg sakit karena tifus bertambah sakit akibat tekanan pada saat batuk.Yg ingin saya tanyakan, apakah batuk ini bisa sembuh apabila tifusnya sudah sembuh? Ataukah saya harus mengkonsumsi kembali obat batuk yg pernah diberikan pada saat ISPA? Terimakasih.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah bertanya seputar penyebab batuk lama menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah batuk terus menerus? Atau hanya di malam atau pagi hari? Apakah ada sesak, demam, keringat malam, batuk darah, nyeri dada? Apakah Anda merokok? Sudahkah melakukan pemeriksaan dahak?

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Batuk yang anda alami termasuk di dalam batuk kronis. Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

Alergi dapat disertai keluhan bersin di pagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesakAsmaInfeksiTuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma, infeksi sinusBronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease): penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembungPenggunaan obat tertentu, seperti ACE inhibitorPost Nasal Drip: ada cairan di belakang hidung.Pernakah Anda menjalani pemeriksaan rontgen dada dan spirometri? Mengingat ketepatan diagnosa hanya dapat dilakukan dengan pemeriksaan fisik langsung disertai dengan beberapa pemeriksaan penunjang, kami sarankan Anda mengunjungi Dokter Spesialis Penyakit Dalam atau Spesialis Paru untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut.

Pastikan tubuh dalam keadaan hangat dengan memakai pakaian berlapis atau mengkonsumsi minuman hangat di kala udara dingin. Lakukan olahraga teratur, setidaknya 30 menit selama 3x seminggu untuk memperlancar metabolisme dan meningkatkan stamina.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab batuk lama. Semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar