Sukses

Badan Anak Bengkak

29 May 2019, 13:38 WIB
Pria, 3 tahun.

Dokter, balita ini tetap lincah dan tergolong pintar. Tapi badannya bengkak sampai ke mata lembab. Apa penyebabnya

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Jika anak Anda mengalami bengkak seluruh tubuh, kemungkinan terdapat gangguan pada ginjalnya, dan hal tersebut paling sering disebabkan oleh sindrom nefrotik.

Sindroma Nefrotik merupakan suatu kelainan ginjal yang ditandai dengan gejala : 

Proteinuria : Adanya protein di dalam urin Hipoalbuminemia : Kadar Albumin yang rendah Edema : Pembengkakan pada tubuh (Pembengkakan seluruh tubuh)Gejala tambahan berupa : 

Hiperlipidemia : Kadar lemak dalam tubuh yang meningkat Thrombphilia : Gangguan pembekuan darahLipiduria : Ditemukannya lemak dalam urin Penyebabnya adalah kerusakan pada saluran filtrasi ginjal akibat adanya peradangan atau pembentukan jaringan hyalin. Sindrom ini memiliki beberapa klasifikasi yang dapat dilihat dengan pemeriksaan histologi (melihat sel dengan mikroskop). Pemeriksaan yang dilakukan dapat dilihat dengan pemeriksaan urin, pemeriksaan darah, hingga biospsi ginjal. 

Terapi yang dilakukan bisa dengan terapi simptomatis (misalnya menghilangkan gejala bengkak) ataupun terapi untuk kerusakan ginjal. Pada beberapa kasus terutama untuk anak-anak bila dilakukan terapi dengan cepat maka dapat terjadi perbaikan dalam penyakit ini. 

Untuk menegakkan diagnosis pasti dari keluhan anak Anda, harus dilakukan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter dan juga pemeriksaan penunjang. Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda segera membawa anak berkonsultasi kepada dokter anak.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar