Sukses

Luka Gelembung Dan Pecah Di Wajah

29 May 2019, 13:36 WIB
Pria, 15 tahun.

Dok dagu saya terkena air panas dan terasa sangat perih sayapun mengguyurkan air ke dagu selama 3x setelah 2 hari dagu saya berubah jadi hitam dan ada gelemung dan ada orang saranin pakai lidah buaya saya langsung memakai lidah buaya dan secara tak sengaja saya memecahkan gelembungnya saat memakai lidah buaya setelah pecah keluar air dan saya basahkan dagu saya , dan saya memakai minyak paras oil tapi setelah memakainya seperti ada air keluar² padahal gelembung nya sudah pecah apakah tindakan saya salah? Solusinya gimana dok?

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pertama-tama perlu diketahui luka gelembung yang pecah tersebut disebabkan karena apa? Bagaimana luasnya? Meliputi area apa saja? Apakah ada keluhan lain seperti rasa perih, pedih, panas, gatal, nyeri?

Jika kulit terkelupas karena kering maka yang Anda perlukan adalah pelembab wajah, serta penanganan seperti menggunakan tabir surya, menghindari paparan sinar matahari langsung dan menghindari mandi dengan air hangat karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

Berbeda lagi dengan kulit yang terkelupas karena luka. Bila karena luka maka luka perlu ditangani terlebih dahulu penyebabnya maka kulit akan berangsur menyembuh.

Atau jika kulit terkelupas karena efek samping pengobatan. Maka pengobatan perlu dievaluasi dosis dan frekuensi pemberiannya.

Apabila luka terebut meninggalkan bekas, masing-masing jenis bekas luka memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling, mikrodermabrasi ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim mengandung hidrokuinon 2% yang dijual di pasaran. Krim hidrokuinon 2% termasuk dalam dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan aplikasikan pada malam hari. Yang diperlukan saat ini adalah menjaga kebersihan, dan perlu diusahakan agar daerah tidak mudah bergesekan (tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat). Sedangkan untuk penanganan medis, terdapat beberapa pilihan, sesuai dengan ukuran dari hiperpigmentasi dan lamanya bekas luka Anda sudah terjadi.

Pada kelainan kulit penting untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung, oleh karena itu, Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar