Sukses

Nyeri Vagina Saat Hamil Trimester 2

29 May 2019, 12:51 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, saya sedang hamil 21 minggu sering sekali merasakan sakit di area vagina sampai saya merasa sulit jalan duduk dan tidur juga tidak nyaman, apakah itu normal dok?

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Yang Anda alami merupakan nyeri vagina yang umum terjadi pada kehamilan trimester kedua. Nyeri vagina ini terjadi akibat janin yang berkembang dan menekan saraf-saraf panggul. Sebagian besar wanita mengalami nyeri tajam selama beberapa detik, tetapi dapat juga hingga beberapa menit. Untuk mengatasinya, paling baik dengan berbaring ke sisi kiri agar janin dapat menyesuaikan kembali dengan ruang rahim. Posisi duduk juga dapat mengurangi rasa nyeri dan tekanan.

Penyebab lain dari nyeri vagina ini adalah akibat meningkatnya aliran darah ke rahim. Peningkatan aliran darah ini dapat membuat vagina dan bibir vagina membengkak, dan bahkan nyeri ketika disentuh. Aktivitas seksual merupakan cara yang baik untuk mengurangi bengkak pada vagina.

Nyeri vagina merupakan hal yang normal terjadi pada wanita hamil, dan kebanyakan bukan merupakan tanda dari kondisi yang serius. Nyeri ini umumnya akan menghilang sendiri. Bila tidak hilang atau semakin memburuk, segera periksakan diri ke dokter kandungan Anda untuk memastikan nyeri vagina ini bukan tanda dari kondisi yang lebih serius yang dapat mempengaruhi Anda dan janin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar