Sukses

Tambalan Gigi Depan Mulai Bergaris

27 May 2019, 21:47 WIB
Pria, 22 tahun.

Tambalan gigi depan saya mulai bergaris setelah 1 tahun lebih, apakah kalau ditambal ulang gigi depan saya harus dibor lagi dan lama kelamaan gigi depan saya habis dong kalau dibor terus

Terimakasih telah bertanya seputar tambalan gigi depan mulai bergaris melalui fitur Tanya Dokter.

Perubahan warna pada tambalan gigi depan memang mempengaruhi senyum dan penampilan anda. Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, perlu dipastikan dulu garis yang tampak pada tambalan gigi depan itu bayangan hitam yang berasal dari dalam gigi atau akibat noda gigi pada tepi tambalan yang berasal dari makanan atau minuman seperti teh, kopi dan lainnya.

Jika garis berasal dari dalam gigi artinya proses karies gigi sebenarnya masih berjalan, bila gigi terasa sakit atau pada tambalan ada bagian yang rusak sebaiknya kami sarankan untuk membuka tambalan lama, lalu menambal ulang gigi tersebut. Memang resikonya lubang gigi akan semakin besar sedikit dari sebelumnya, tapi pasti dokter gigi akan bekerja dengan hati-hati supaya sisa gigi tidak banyak terbuang.

Jika tidak ada ngilu atau tidak bagian tambalan yang rusak maka gigi diobservasi/dipantau dulu sementara waktu. Untuk mengatasi warna yang terlihat berubah dari arah depan, bisa dilakukan pembuatan veneer composite atau porselen. 

Jika garis berasal dari noda akibat teh atau kopi kemungkinan masih bisa dibersihkan dengan tindakan scaling atau melakukan pemolesan pada permukaan tambalan tersebut. Scaling sebenarnya adalah tindakan untuk menghilangkan karang gigi dan noda gigi. Dan untuk menjaga agar tambalan tidak cepat berubah warna adalah Anda harus memperhatikan pola makan, hindari kebiasaan merokok minum kopi dan teh, serta  penggunaan obat kumur tertentu yang menyebabkan terbentuknya stain/noda gigi. 

Bacalah artikel berikut terkait pertanyaan anda :

Kapan Perlu Menambal Gigi?

- Berapa Lama Tambalan Komposit Berubah Warna?

Gigi Depan Rusak, Perbaiki Segera!

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai tambalan gigi depan mulai bergaris, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar