Sukses

Sutura Metopik pada Anak

28 May 2019, 11:50 WIB
Pria, 32 tahun.

Halo Dok. Anak Laki2 saya sekarang berusia 1 tahun (brt 14 kg), saya baru merasa ada benjolan tulang lurus dari di dahi mmembujur sampai atas kepala namun bentuk kepala anak saya normal hanya benjoan tsb tidak terlihat kasat di dahi (hanya jika diraba), tapi dari ubun2 keatas terlihat ada benjolan lurus memanjang sampai atas kepala. sekedar info anak saya tumbuh kembangnya sehat & tidak kelainan prilaku, panca indera dll. Kalau saya baca2 apa kemungkina Metopic suture atau kelainan tulang kepala ya Dok?

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah bertanya seputar sutura metopik menggunakan KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah benar-benar terdapat tonjolan yang signifikan dari atas hidung menuju ubun-ubun? Sayangnya kami tidak dapat menentukan dengan pasti penyebab tonjolan yang Anda sebutkan tanpa pemeriksaan langsung. 

Bila memang Anda mencurigai telah terjadi sutura metopik, maka seharusnya ada tanda-tanda yang lain. Pertama, bentuk kepala seharusnya menjadi segitiga (oleh sebab itu sutura metopik disebut juga trigonosefali). Namun, dari riwayat yang Anda sebutkan, bentuk kepala si kecil normal-normal saja. Selain itu biasanya ada perlambatan pertumbuhan kepala, yaitu kepala menjadi lebih kecil dari seusianya. Lagi-lagi, berdasarkan keterangan Anda, perkembangan si kecil baik-baik saja dan tidak ada kelainan.

Bila memang keluhan tersebut menimbulkan kekhawatiran pada diri Anda dan keluarga, ada baiknya untuk diperiksakan ke dokter spesialis anak. Dengan begitu, penyebab tonjolan yang Anda maksud dapat ditentukan dengan baik.

Demikian informasi yang dapat kami berikan seputar sutura metopik, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar