Sukses

Tes Genetik

28 May 2019, 11:50 WIB
Wanita, 33 tahun.

siang, dokter. di mana ya saya bisa melakukan tes genetik? trima kasih atas perhatiannya.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya seputar tes genetik menggunakan fitur Tanya Dokter

Sayang sekali Anda tidak merinci lebih lanjut yang Anda maksud dengan tes genetik. Sebab, ada bermacam-macam tes genetik yang ada saat ini. Contohnya diantaranya adalah tes genetik untuk mencari hubungan orangtua-anak (sering disebut tes DNA), atau bisa juga tes genetik untuk mencari kelainan penyakit seperti penyakit sindrome down, sindrom marfan, penyakit talasemia, penyakit hemofilia, anemia sel sabit, dll. Umumnya rumah sakit tipe A dan tipe B memiliki fasilitas untuk melakukan tes-tes tersebut, salah satunya Lembaga Eijkmann dan Laboratorium Genneka yang ada di RSCM. Laboratorium klinik swasta yang cukup ternama dan besar juga umumnya memiliki fasilitas untuk melakukan tes-tes genetik tertentu.

Tes genetik yang mana yang Anda butuhkan? Untuk menambah pengetahuan Anda, kami jelaskan seputar tes genetik untuk mencari hubungan orangtua atau yang biasa disebut tes DNA oleh masyarakat.

DNA adalah materi genetik yang membawa informasi yang dapat diturunkan. Di dalam sel manusia DNA dapat ditemukan di dalam inti sel dan di dalam mitokondria. Tes DNA dilakukan dengan berbagai alasan seperti persoalan pribadi dan hukum antara lain: tunjangan anak, perwalian anak, adopsi, imigrasi, warisan dan masalah forensik. Tes DNA dilakukan dengan mengambil sampel biologis seperti buccal swab (usapan mulut pada pipi sebelah dalam), darah, rambut beserta akarnya, walaupun lebih dipilih penggunaan darah dalam tabung (sebanyak 2ml) sebagai sumber DNA.

Selain itu tes DNA juga dapat dilakukan untuk tes maternitas dan tes paternitas. Tes paternitas adalah tes DNA untuk menentukan apakah seorang pria adalah ayah biologis dari seorang anak. Tes maternitas adalah tes DNA untuk menentukan apakah seorang wanita adalah ibu biologis dari seorang anak. Identifikasi DNA untuk tes paternitas dilakukan dengan menganalisa pola DNA menggunakan marka STR (short tandem repeat).

Jika dikerjakan dengan standar operasi prosedur yang sistematis tepat dan benar. Tes DNA memberikan hasil lebih dari 99,99 persen probabilitas akurat. Namun proses tes DNA ini memerlukan waktu. Pada jasa penyedia tes DNA umumnya mengusulkan kompensasi waktu 3 (tiga) hingga 7 (tujuh) hari. Pada kondisi melangsungkan tes DNA dengan menggunakan alat canggih pun setidaknya memerlukan proses waktu beberapa jam untuk melaksanakan penahapan dengan cermat dan sistematis.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tes genetik. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar