Sukses

Benjolan Kecil Di Bawah Dagu Dan Tidak Sakit

27 May 2019, 21:46 WIB
Wanita, 29 tahun.

Hallo dokter, Saya seperti merasakan ada benjolan kecil di bawah dagu sebelah kiri. Benjolan itu tidak nampak jika dilihat tapi terasa hanya jika diraba saja. Dan bila dagu saya dekatkan ke leher terasa sedikit sakit. Ketika saya raba seperti ada dua benjolan lunak yang saling berdekatan. Benjolan itu dapat digerakkan ketika diraba dan tidak terjadi perubahan kulit. Hal ini sudah berlangsung hampir dua minggu. Tidak sakit pada saat menelan namun ketika mengunyah makanan terasa sedikit sakit. Apakah benjolan itu berbahaya? Terima kasih.

Terima kasih karena Anda telah bertanya mengenai benjolan kecil di bawah dagu dan tidak sakit melalui fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, pada dasarnya benjolan di bawah dagu dan sekitar area leher paling sering disebabkan oleh pembesaran kelenjar getah bening. Pembesaran kelenjar getah bening ini ada yang disebabkan oleh proses infeksi dan ada pula yang disebabkan oleh masalah keganasan. Pembesaran kelenjar getah bening juga ada yang bersifat akut (menghilang kurang dari 14 hari) dan ada pula yang bersifat kronis (lebih dari 14 hari). Pembesaran kelenjar getah bening yang bersifat akut di sekitar dagu dan leher biasanya disebabkan oleh infeksi akut pada organ sekitar mulut, gigi, pipi, telinga, dan leher. Sementara pembengkakan kelenjar getah bening yang bersifat kronis dapat disebebkan oleh infeksi kronis, infeksi kuman TBC atau keganasan.

Selanjutnya pembesaran kelenjar getah bening juga dapat dibedakan dari ciri-cirinya. Jika kelenjar nyeri saat di tekan, biasanya itu merupakan proses infeksi, sedangkan bila benjolan teraba keras, tidak nyeri, dan berjumlah banyak biasanya tanda dari keganasan. Bila berkaitan dengan infeksi, maka kelenjar akan kembali mengecil sesuai ukuran sedia kala, seperti yang Anda rasakan.

Kami menyarankan anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan mewawancarai anda lebih dalam untuk menemukan informasi-informasi penting terkait kondisi yang anda alami, melakukan pemeriksaan fisik untuk menilai karakteristik benjolan anda. Bila diperlukan dokter akan menyarankan  pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan lab darah dan biopsi pada kelenjar getah bening Anda yang mengalami pembengkakan. Jika penyebab sudah diketahui, barulah dokter dapat memberikan penanganan yang sesuai.

Bacalah artikel berikut terkait pertanyaan anda :

- Tumor Jinak

- Benarkah Membatasi Waktu Makan Bisa Mencegah Tumor?

- Virtual Tumour, Teknologi VR Baru untuk Cek Sel Kanker

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai benjolan kecil di bawah dagu dan tidak sakit. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar