Sukses

Open Bite Anterior Gigitan Terbuka Gigi Depan
25 May 2019, 20:35 WIB
Pria, 18 tahun.

dok ijin tanya saya kan pernah ikut tes taruna akademi angkatan udara ta 2019 dab saya gagal kata panitia open bite anterior dan apakah itu sanggat fatal jika tidak saya perbaiki

Terimakasih telah bertanya seputar open bite anterior gigitan terbuka gigi depan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran terhadap kondisi gigi Anda. Open bite adalah termasuk salah satu kelainan oklusi berupa gigitan terbuka dapat disebabkan oleh karena pada masa kanak-kanak mempunyai kebiasaan menghisap jari, menjulurkan lidah yang memberikan penekanan ke arah luar bagi gigi depan atas dan tekanan ke arah dalam bagi gigi depan bawah. Akibatnya posisi gigi depan jauh lebih maju dari gigi bawah, dan ada kemungkinan terjadi gigitan terbuka (open bite). Untuk penatalaksanaan kondisi ini diperlukan perawatan ortodonti atau kawat gigi. 

Dalam kasus anda, bahwa anda mengalami open bite anterior, maka biasanya memiliki kondisi dimana gigi depan atas dan bawah tidak berkontak dan memiliki celah atau space antara gigi atas dan bawah.  

Perawatan orthodontik tidak semata-mata hanya berurusan dengan merapikan susunan gigi yang tidak rata tapi juga mengembalikan fungsi pengunyahan yang normal. Dengan dilakukannya perawatan orthodontik, pasien diharapkan dapat memiliki susunan gigi yang harmonis sehingga memperbaiki fungsi pengunyahan, memperbaiki muka/asimetri wajah dan hilangnya rasa sakit yang mungkin terjadi akibat gigitan yang tidak seimbang karena susunan gigi yang tidak rata. Untuk memastikan perawatan terbaik bagi kondisi yang Anda alami maka konsultasikanlah secara langsung dengan dokter gigi spesialis ortodonti. Karena jika tidak dilakukan perawatan maka kelainan asimetris wajah bisa menjadi permanen dan juga bisa timbul masalah lainnya misalnya gangguan pada sendi rahang.

Berikut ini adalah artikel terkait pertanyaan anda :

- Perawatan Orthodontik

- Gigitan Open Bite

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai open bite anterior gigitan terbuka gigi depan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar