Sukses

Cakaran Kucing Berakibat Tetatus atau Rabies?

24 May 2019, 17:32 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok, beberapa hari lalu saya kena cakaran kucing di kaki dan berdarah. setelah saya cuci, saya tutup pakai plester. beberapa bagian sudah kering dan bagian tengah belum. Apakah cakaran kucing bisa menyebabkan tetanus ataupun rabies dan bagaimana ciri2 kewan yg punya itu dan manusia yang terkenanya. Terimakasih

Terimakasih sudah bertanya seputar cakaran kucing apakah dapat menyebabkan tetanus atau rabies dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Bagaiman penanganan awal luka yang Anda lakukan? Penanganan awal luka dilakukan dengan cara membersihkan luka dengan air mengalir dan sabun. Hal ini penting untuk menghilangkan sebanyak-banyaknya kuman pada luka. 

Mengenai perlunya penanganan selanjutnya oleh dokter, misalnya dengan memberikan imunisasi atau antibiotik, hal itu tergantung pada kedalaman luka dan kebersihan luka. Bila hanya luka lecet saja, pertolongan pertama luka di atas sudah cukup. 

Namun bila luka cukup dalam (hingga daging terlihat atau mengelaurkan banyak darah), atau lukanya diduga karena binatang yang sakit, sebaiknya Anda mendapat penanganan lebih lanjut oleh dokter.

Mengenai infeksi tetanus maupun rabies, Anda dapat membaca tautan artikel berikut ini :

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar