Sukses

Mengatasi gejala demam tifoid di bulan puasa

24 May 2019, 11:21 WIB
Pria, 22 tahun.

Sore dok, Saya ingin bertanya. Bagaimana Cara mengatasi gejala tifes di Bulan puasa ini? Dan untuk makanan harus makanan apanya?

Terima kasih telah bertanya seputar mengatasi gejala demam tifoid di bulan puasa menggunakan fitur Tanya Dokter.

Untuk mengatasi gejala tifoid di bulan puasa tidak beda halnya dengan waktu yang lain. Karena tifoid menyerang saluran pencernaan, pastikan anda sudah mendapatkan terapi yang cukup dari dokter anda, termasuk antibiotik karena tifoid disebabkan oleh bakteri. 

Demam tifoid diakibatkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi, dan sebagian kecil juga dapat diakibatkan oleh Salmonella paratyphi A, B, atau C. Dapat juga ditularkan secara fekal-oral, yakni dari kotoran ke mulut yang dapat terjadi bila kuman dari kotoran diangkut oleh lalat, kemudian meninggalkan kotoran tersebut pada makanan yang akan disantap. Karena itu, kebersihan lingkungan memegang peran yang sangat penting dalam penularan demam tifoid.

Makanan yang diberikan baiknya dimasak lunak, suhu tidak terlalu panas maupun terlalu dingin, diberikan sering namun dalam porsi kecil. Hindari makanan yang terlalu berlemak maupun berserat tinggi.

Pemulihan kondisi tubuh pasca demam tifoid memang terbilang cukup lama, dapat berkisar antara 1-3 bulan sebelum kondisi tubuh dapat kembali normal. Oleh sebab itu, akan lebih baik apabila anda dapat memperbanyak waktu istirahat dan memastikan terpenuhinya kebutuhan nutrisi, untuk mempercepat pemulihan tubuh. Termasuk menunda puasa dulu sebelum anda benar-benar merasa sehat kembali, karena akan memperlambat penyembuhan jika anda memaksakan untuk berpuasa.

Hal yang perlu  dilakukan untuk mencegah kembali terkena penyakit tifoid adalah mengkonsumsi makan sehat dan bergizi, olahraga teratur, tidur cukup, hindari stres. Keempat hal tersebut berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, selalu perhatikan kebersihan makanan atau minuman yang dikonsumsi, pastikan makanan tersebut matang dan bersih.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai mengatasi gejala demam tifoid di bulan puasa. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar