Sukses

perawatan pasca operasi hemorhoid
22 May 2019, 12:48 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok saya mau bertanya, saya sudah melakukan operasi hemorrhoid sekitar 3 minggu lalu, namun masih ada benjolan sedikit disekitar daerah bekas operasi. Apakah itu akan hilang nantinya dok? Lalu saya masih berendam air pk 2x sehari selama 5-10 menit dari seminggu pasca operasi hingga saat ini, dan kulit saya jadi sering gatal sedikit perih, apakah berbahaya? Dok sebaiknya berendam air pk itu berapa lama waktunya? Terima kasih.

Terima kasih telah bertanya seputar kondisi pasca operasi hemorhoid melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pasca Operasi Anda perlu melakukan pemeriksaan kontrol kepada dokter bedah anda agar dapat dilakukan evaluasi luka operasi. Penyembuhan jaringan akan berlangsung antara 4-6 minggu. Namun tentunya hal ini sebaiknya dinilai oleh dokter bedah yang mengoperasi Anda. 

Pasca operasi wasir maka Anda bisa saja mengalami nyeri sampai 2-4 minggu. Anda bisa menggunakan anti nyeri yang diberikan oleh dokter. Sebaiknya Anda tidak terlalu banyak beraktivitas untuk sementara waktu. Sebisa mungkin menghindari hal yang membuat Anda mengedan, seperti batuk, mengangkat benda berat, dan aktivitas berat lainnya. 

Mulai hari ke 2 atau tiga pasca operasi Anda bisa memulai makanan dengan kandungan serat yang tinggi. Minumlah air yang cukup. Apabila BAB anda terasa keras maka gunakanlah pelunak tinja.

Jaga kebersihan anus Anda. Rendam lah anus anda di air hangat atau dengan campuran PK selama 15 menit selama 3 kali sehari hingga 2-3 minggu pasca operasi sampai luka dan nyeri mengalami perbaikan. Pastikan area anus Anda kering dan bersih. Lebih baik menggunakan tissue basah daripada tisu kering pada area tersebut

Untuk pencegahan kedepannya, yang perlu dilakukan adalah perubahan gaya hidup. Wasir dapat terjadi berulang jika gaya hidup Anda tidak diperbaiki. Yang dimaksud disini dengan perubahan gaya hidup diantaranya adalah minum banyak air (8 gelas/hari), makan makanan yang mengandung banyak serat, hindari konsumsi gula yang terlalu banyak, apabila ingin konsumsi daging hewan, konsumsilah ikan, hindari konsumsi alkohol, lakukan olahraga, mengurangi mengedan dan jangan menunda BAB. Pisang dapat anda konsumsi pasca operasi.

Berikut beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar