Sukses

Siklus Haid Normal

22 May 2019, 02:59 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok saya wanita berusia 25 tahun (4 bulan lagi menuju 26 tahun). Saya ingin bertanya mengenaim siklus menstruasi yg singkat. Bbrp bulan blkng ini (sekitar 3/4 bln) saya hanya mengalami menstruasi selama kurleb 4 hari. Di bulan Mei ini, saya mulai dr tgl 19 mei malam hari. Keluar normal hingga tanggal 20. Dan pada 21 pagi, hanya bercak saja. 21 sore sudah bersih tak ada lagi yg muncul. Selama menstruasi, saya tidak pernah mengalami sakit perut/kram/sakit pinggang dll yg berhubungan dengan efek samping dari siklus datang bulan ini. Namun akhir2 ini, saya sibuk bekerja dan jarang konsumsi sayur/buah. (Kurleb hny 1 jenis sayur/buah perhari). Apakah hal ini normal atau saya perlu memeriksakan diri? Darah yg keluar normal & cenderung cukup banyak pada tgl 19 dan 20. Mohon infonya. Trimakasih dok.

Terimakasih telah bertanya tentang siklus haid melalui fitur Tanya Dokter.

Siklus haid dapat bervariasi dari lama dan jumlah darah yang dikeluarkan. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 2-8 hari. Darah haid umumnya akan lebih banyak pada 1-3 hari pertama dan menurun intensitasnya pada hari- hari berikutnya. Jika siklus Anda masih dalam hitungan 21-35 hari dan durasinya 2-8 hari, maka siklus Anda masih tergolong normal.

Kalaupun terdapat variasi bisa disebabkan karena ada perubahan pola makan, pola tidur dan stres psikologis yang memengaruhinya.

Baca juga: Normalkah Menstruasi Anda Selama Ini?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar siklus haid normal. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar