Sukses

Anak Demam, Kapan Harus Waspada?

22 May 2019, 02:59 WIB
Wanita, 5 tahun.

Slamat malam dok...mau tanya ni anak sy panas udh 2 hr dan udh dibawa ke puskesmas blm ad hasil. Gmana ya solusinya?sebulan yg lalu terkena tipes dan dirawat di rumah sakit. Mhn msukannya

Terimakasih telah bertanya tentang anak demam melalui fitur Tanya Dokter.

Demam merupakan salah satu mekanisme pertahanan tubuh dalam melawan infeksi kuman. Demam diperlukan agar sel- sel tubuh yang berfungsi melawan kuman penyebab penyakit bekerja secara optimal.

Karena itu, demam sebenarnya tidak termasuk penyakit. Namun lebih tepat bila dikatakan sebagai gejala dari suatu penyakit.

Penyebabnya yang tersering yakni infeksi virus dan bakteri. Untuk menentukannya, bila demam masih berlanjut hingga 3 hari sejak pertama kali muncul, anak perlu dibawa ke dokter dan melakukan pemeriksaan darah.

Oleh sebab itu, jika demam pada si Kecil masih di atas 38,5 dan sudah berlangsung 3 hari, sebaiknya periksakan ulang ke dokter, kali ini bisa ke dokter anak. Umumnya dokter akan merujuk untuk melakukan pemeriksaan darah terlebih dulu.

Sementara itu, berikan obat penurun panas agar anak merasa nyaman dan mau makan. Tapi ingat, obat ini tidak mengobati penyebab, hanya menyamankan anak saja.

Baca juga: 

Anak Demam Haruskah Diberi Obat Penurun Panas?

Demam pada Anak

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar demam pada anak. Semoga bermanfaat. (FA)

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar