Sukses

Ingin Menghilangkan Kebiasaan Bruxism dan Mengatasi Gigi Renggang

21 May 2019, 23:42 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat malam dok, Maaf saya mau bertanya mengenai gigi depan saya yg tiba2 merenggang. Saya wanita berusia 23 thn dan memiliki masalah saat tidur, jadi ketika tidur saya sering mengalami sleep Bruxsim, atau menggertakan gigi ketika tidur. Apa kebiasaan ini yg mempengaruhi gigi saya yg merenggang? Jika benar bagaimana cara menghilangkan kebiasaan tidur tsb dok, dan bagaimana cara mengatasi gigi merenggang secara alami. Mohon fast respon nya dok. Terima kasih

Terimakasih telah bertanya seputar ingin menghilangkan kebiasaan bruxism dan mengatasi gigi renggang melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya kami ingin menjelaskan sedikit mengenai  bruxism. Kebiasaan menggeretakkan gigi ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan gigi yaitu menimbulkan kerusakan pada lapisan atau permukaan gigi dan juga dapat menimbulkan gangguan pada sendi rahang. Terapi yang dilakukan untuk mengatasi kebiasaan tersebut adalah mencakup:

- Pengendalian stress, karena bruxism ini terkait juga dengan tingkat stress seseorang.

- Penggunaan obat untuk relaksasi otot yang diminum sebelum tidur, obat sedatif dan obat-obatan anxiolitic seperti diazepam, clonazepam.

- Terapi gigi, yaitu pemakaian berbagai alat didalam mulut (contohnya nightguard) guna mencegah kerusakan yang lebih lanjut dari gigi, mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan, mencegah terjadinya luka.

Sejauh ini belum ada penelitian yang mengatakan bahwa bruxism dapat mengakibatkan gigi renggang. Beberapa hal yang dapat menyebabkan gigi renggang antara lain : 

- Terdapat gigi yang hilang dan tidak diganti gigi palsu, sehingga gigi sebelahnya mulai bergeser ke arah yang kosong.

- Terdapat penumpukan karang gigi, terutama pada bagian gigi yang bercelah.

Untuk mengatasi celah pada gigi yang renggang, kini dapat melakukan tindakan veneer gigi baik dengan bahan komposit atau ceramic. Atau dengan menggunakan kawat gigi untuk merapatkan gigi renggang tersebut.

Konsultasikan keluhan gigi anda ke dokter gigi yang berkompeten, supaya anda segera mendapatkan perawatan yang tepat.

Bacalah artikel berikut terkait pertanyaan anda :

- Kenali Gejala Bruxism, Kebiasaan Menggemeretakkan Gigi

- Suka Menggertakkan Gigi saat Tidur? Coba Pakai Pelindung Gigi

- 6 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Gigi Orang Dewasa

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai ingin menghilangkan kebiasaan bruxism dan mengatasi gigi renggang, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar