Sukses

anak belum dapat duduk

21 May 2019, 09:59 WIB
Wanita, 23 tahun.

Permisi dok saya mau bertanya , ini anak saya sudah berusia 1 tahun 10 bulan sudah hampir 2 tahun tapi fisiknya,berat badan masih seperti anak usia 6-7 bulan , juga belum bisa duduk dan berjalan , badannya lembek dok , dibilang lemas juga enggak kaki dan tangan kuat menendang dan bergerak tapi berat/loyo jika di dudukan dan diberdirikan , apakah ada kesembuhan buat anak saya dok kasian anak saya tidak bisa beraktifitas seperti anak lainnya , anak saya dulunya berumur 2 bulan udah di rawat di r.s akibat batuk pneumonia ,dirawat 2 bulan lamanya dirumah sakit , infus dimana2, apakah ada sangkut pautnya dok dengan penyakit lamanya makanya anak saya bisa seperti sekarang ini?

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Jika di usia 3 tahun adik Anda belum dapat berjalan dan duduk maka terdapat hambatan pada perkembangan motorik kasarnya. Dan jika ia belum bisa berbicara maka terdapat gangguan pada kemampuan berbahasa atau verbalnya. Untuk mengetahui penyebab keterlambatan ini maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter agar dapat ditangani dengan optimal sesuai penyebab.

Apakah perkembangan dan pertumbuhan adik Anda selama ini sesuai menurut usianya? Apakah adik Anda rutin kontrol ke dokter anak yang menanganinya? Mengenai jantung bocor apakah Anda tahu diagnosis pastinya? Apakah ada terapi khusus yang dijalani adik Anda selama ini?

Penyebab gangguan keterlambatan motorik dan verbal pada anak dapat disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya ialah cerebral palsy atau lumpuh otak. 

Cerebral palsy merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kumpulan kelainan yang memengaruhi pergerakan tubuh, keseimbangan, dan postur.  Cerebral palsy dapat juga diartikan sebagai kelumpuhan pada otak (brain paralysis). Penyebabnya antara lain adalah perkembangan abnormal atau kerusakan pada satu atau lebih bagian otak yang mengendalikan tonus otot dan aktivitas motorik (pergerakan)-dalam hal ini penyebabnya termasuk kejang yang disebabkan oleh infeksi dalam otak, atau benturan keras pada kepala anak.

Umumnya anak dengan cerebral palsy akan lambat mencapai tahapan perkembangan sesuai usianya seperti merangkak, duduk, berjalan, bahkan untuk gerakan sederhana sekalipun. Juga dapat disertai berbagai masalah lain seperti keterbelakangan mental, masalah pernapasan, masalah kemih dan pencernaan, makan, dsb. Bagaimanapun, banyak di antara anak dengan cerebral palsy memiliki tingkat intelegensia normal atau di atas rata-rata, namun dibatasi oleh kemampuan dalam berkomunikasi. Kemampuan ini sebenarnya masih dapat diperbaiki dengan melakukan intervensi yang tepat, termasuk di dalamnya adalah fisioterapi, terapi okupasi, dan terapi berbicara/menelan. 

Namun, untuk memastikan diagnosis penyebab keterlambatan perkembangan motorik dan verbal pada adik Anda maka kami sarankan untuk membawa adik Anda ke dokter spesialis anak agar dapat dilakukan wawancara medis terarah, pemeriksaan fisik menyeluruh dan pemeriksaan penunjang (seperti CT scan /MRI otak) bila diperlukan. riwayat pneumonia seharusnya bukan jadi penyebab, apalagi jika hambatan perkembangan sebenarnya sudah terjadi sebelum anak dirawat.

mengenai hal ini anda dapat juga baca:

tahap perkembangan anak

tentang cerebral palsy

tahap optimalkan tumbuh kembang anak

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar