Sukses

Gejala Otitis Eksterna

20 May 2019, 22:15 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selmat pagi dok saya devi bbrp hri lalu telinga sya sakit entah apa penyebab nya jika sya pegang dlm telinga sya (korek) rsa nya skit tpi pake cotten but itu tdk skit tp pernh skli sya pke cotten but dn dstu kyk ada yg skit terkena dgn cotten but tp stlah it sdh gk dn bsk nya itu udh smbuh dn hri ini skit lg dok kyk sya mersa telinga sy penuh atw ktor tp jika d pkein cotten but it gk kotor bnget cmn kyk cairan kuning gtu aja dok kra" it knp yah? Apakah ada serangga d dlm telinga sy? Tp sy tdk mrsa bunyi" apapun d tlinga cmn kyk mrsa telinga penuh Mohon bantuaannya dok 😥 Sembunyikan kutipan teks

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih atas pertanyaan anda.

Dari gejala yang Anda sampaikan, kemungkinan Anda mengalami ototis eksterna.

Otitis eksterna adalah peradangan liang telinga bagian luar yang dapat disebabkan oleh bakteri, alergi, atau virus. Terdapat dua jenis otitis eksterna akut, yaitu:

Gejala

Terdapat beberapa gejala pada otitis eksterna. Rasa sakit pada telinga adalah gejala yang paling umum dikeluhkan. Nyeri telinga dapat terjadi karena adanya penekanan pada daerah tragus telinga.

Penderita juga dapat mengeluhkan adanya perasaan penuh di dalam telinga, perasaan nyeri seperti terbakar hingga rasa sakit yang hebat, serta berdenyut. Derajat rasa sakit lebih berat dibandingkan dengan derajat infeksi karena adanya pembengkakan dermis pada liang telinga. Bengkak ini dapat menekan serabut saraf yang mengakibatkan rasa sakit yang hebat.

Rasa gatal juga merupakan gejala klinis yang sangat sering terjadi dan merupakan pendahulu rasa sakit yang berkaitan dengan otitis eksterna akut. Gatal ini juga dapat disertai rasa penuh dan rasa tidak enak pada telinga.

Edema atau pembengkakan kulit liang telinga dan cairan telinga, baik yang sorous (bening) atau purulen (kental) bisa menyebabkan tuli konduktif dan gangguan pendengaran. Selain itu, kulit liang telinga/ keratin yang mengalami deskuamasi (pengelupasan), masuknya rambut, serumen, dan obat-obatan yang digunakan dapat menyebabkan sumbatan pada liang telinga.

Pada infeksi menahun dapat dijumpai adanya bau busuk dengan cairan telinga berwarna abu coklat.

Pengobatan

Pengobatan otitis eksterna dimulai dengan pemberian antibiotik topikal (tetes atau salep) pada liang telinga. Apabila sudah terbentuk abses dengan kumpulan nanah, maka perlu dilakukan insisi atau pembedahan untuk mengeluarkan nanah dari liang telinga.

Jika kotoran tidak dikeluarkan, maka infeksi akan sulit ditangani. Kumpulan kotoran atau debris yang berakumulasi di liang telinga harus dikeluarkan, agar terjadi kontak langsung antara obat antibiotik dengan permukaan kulit. Pengobatan simptomatik untuk penghilang rasa sakit juga dapat diberikan.

Berkonsultasilah ke dokter spesialis THT.

demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat dan anda lekas sembuh.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar