Sukses

Ingin Memiliki Keturunan
20 May 2019, 17:33 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dokter.saya mau tanya.dulu saya pernah masuk KB.apakah saya bisa hamil.saya menikah sudah 3 tahun.belum punya anak.padahal saya hamil sudah 2 kali.selalu hilang sendiri!

Terima kasih telah bertanya dengan menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.

Setelah melepas KB seorang wanita tetap bisa mengalami kehamilan. 

Ada beberapa penyebab keguguran yang dapat terjadi. Ada faktor dari ibu maupun dari janin, yaitu :

  • Kelainan pertumbuhan janin akibat: kelainan kromosom, lingkungan kurang sempurna (lingkungan rahim tidak memberikan nutrisi cukup untuk si janin), pengaruh dari luar (obat-obatan, alkohol, virus, radiasi)
  • Kelainan plasenta: kelainan pada pembuluh darah ari-ari, biasanya disebabkan oleh hipertensi menahun pada ibu
  • Penyakit ibu: infeksi paru-paru, tifoid, infeksi saluran kemih, malaria, anemia berat, TORCH, penyakit tiroid, diabetes, anti phospholipid sindrom.
  • Kelainan pada organ kehamilan misalnya mulut rahim yang tidak kuat, kelainan pada dinding rahim, mioma uteri.
  • Kelainan hormonal
  • Dapat juga disebabkan oleh faktor emosional/stresTrauma/cedera pada kehamilan
  • Ibu mengonsumsi obat-obatan tertentu atau alkohol yang dapat mengganggu perkembangan janin

Perlu dieksplorasi lebih lanjut penyebab dari keguguran yang terjadi pada diri Anda. Apabila hasil TORCH semuanya negatif, berarti bukan itu penyebabnya.

 

Jika ingin memiliki keturunan, pastikan Anda mengetahui masa subur Anda untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan terjadi. Bagaimanakah menghitung masa subur? Masa subur adalah masa dimana telah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur). Untuk menghitung secara kasar masa subur Anda,Anda harus mengetahui berapa rata-rata siklus haid Anda. Jika siklus menstruasi berlangsung teratur, maka waktu terjadinya ovulasi pada seorang wanita sebenarnya dapat diperkirakan, yaitu sekitar 2 minggu sebelum terjadinya menstruasi berikutnya. Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika anda melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu.   

Selain itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan kehamilan, yaitu:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.
  • Asupan nutrisi yang adekuat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup 

Ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mendapatkan pemeriksaan secara menyeluruh sehingga program kehamilan bisa berjalan dengan lancar. 

Demikian infromasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat. 

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar