Sukses

Menambah Tinggi Badan Dengan Suntik Hormon
20 May 2019, 14:45 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok apakah meninggikan badan bisa dengan suntik hgh. Jika bisa dimana? Dan berapa harganya?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu genetik (keturunan), gizi, dan lingkungan.

Genetik dalam hal ini adalah tinggi badan kedua orangtua.

Rumus memperkirakan tinggi anak berdasarkan tinggi orangtuanya adalah :

Anak laki-laki= (Tinggi Ibu + 13) + Tinggi Ayah (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cmAnak perempuan = (Tinggi Ayah - 13) + Tinggi Ibu (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm 

Dari faktor gizi yang diperlukan tentu saja protein untuk pertumbuhan dan perbaikan sel yang diikuti oleh gizi seimbang dari sumber lainnya. Sedangkan lingkungan dalam hal ini berarti adalah olahraga untuk melancarkan aliran darah dan membantu metabolisme agar berjalan dengan baik (seperti berenang, berlari, dan jenis aerobik).

Namun perlu diketahui bahwa penambahan tinggi badan dapat dilakukan apabila lempeng pertumbuhan yang terdapat di tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada saat usia pubertas dan pada umumnya baru akan menutup pada usia 20-21 tahun. Inilah mengapa suntik hormon pertumbuhan tidak akan memberikan efek seperti yang diharapkan pada orang dewasa, sebab lempeng pertumbuhan tulangnya sudah menutup. 

Berbeda dari masa kanak-kanak yang mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan akibat kekurangan hormon tumbuh kembang. Masih ada efeknya ketika diberikan hormon seperti ini. Biasanya yang menyediakannya adalah klinik tumbuh kembang khusus anak, atau bisa juga klinik hormonal anak. 

Kami tidak menganjurkan Anda melakukan suntik hormon karena tindakan ini sangat berisiko dan dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan di kemudian hari. Ketika Growth Hormon disuntikkan ke dalam tubuh efeknya bukan saja ke tulang dan otot tetapi ke seluruh sistem tubuh sehingga dapat menyebabkan gangguan fungsi organ tubuh dan dalam jangka panjang dapat merangsang sel-sel tumor. Selain itu, penggunaan hormon harus dilakukan oleh seorang dokter terlatih dan harus senantiasa dimonitor.

Tinggi Badan badan seseorang mengandung unsur genetik dari kedua orang tua tapi tidak menutup kemungkinan tinggi badan tersebut dapat bertambah meskipun tidak terlalu banyak. Faktor - faktor yang dapat mempengaruhi Tinggi Badan seseorang :

1. Genetik

2. Nutrisi

Tinggi badan menunjukkan kualitas gizi orang tersebut saat masa kanak-kanak dulu. Jika kualitas gizi orang itu kurang pada masa kanak-kanak dulu, orang tersebut cenderung pendek pada masa dewasanya, dan sebaliknya. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan kalsium untuk membantu pertumbuhan tulang.

3. Olahraga

Dianjurkan untuk melakukan olah raga yang memberikan beban pada tulang panjang kaki, misalnya atletik, lari santai, lompat tali (skipping), basket, badminton dan olahraga lain yang sejenis. Dengan cara tersebut, tulang dirangsang tumbuh sedikit lagi karena hentakan berat badan. Renang bisa juga menambah tinggi badan seseorang .

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar