Sukses

Dermatitis Kontak
19 May 2019, 21:29 WIB
Wanita, 17 tahun.

Halo dokter , saya mengalami masalah kulit. Sudah lama saya derita .awal saya derita pada bulan oktober 2018 saya merasakan gatal di sekujur badan saya ,saat saya cek tidak ditemukannya bentol ataupun sesuatu yg membuat saya gatal hanya terdapat bintik bintik kecil dan ruam merah sehabis di garuk. Lama kelamaan semangkin menjadi gatal saya, sampai kulit saya banyak yg terluka akibat garukan. Saya pernah menemukan seperti benjolan sedang di bagian bokong, ketiak, alat intim,& di lipatan payudara. Dan itu rasanya sangat sangat gatal. Saya sudah berobat kemana mana dan hanya di beri obat sederhana dan sekali suntik di badan saya dan itu tidak membuat perubahan di badan saya dokter, bahkan sekrang keadaan saya lebih parah. Di bagian tangan dan kaki saya tumbuh seperti gelembung berisi cairan bening, yang sangat gatal dan panas bila di garuk. saya coba serching di internet itu penyakit dehidrolisi* maaf kalo salah, atau semacam penyakit alergi pada logam dan sabun. Tapi saya tidak pernah punya riwayat alergi seperti itu dulu maksudnya baru muncul alergi nya. Padahal saat dulu tidak sampai tangan gatal nya , tapi skrg kaki dan tanngan saya menjadi seperti ini, Saya bingung dokter saya sudah kemana mana dan mecoba berbagai macam obat , tapi nihil hasilnya. Minta bantuan nya dokter terimakasih.

Terima kasih telah bertanya seputar Dermatitis Kontak menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kemungkinan keluhan pada kulit anda mengarah kepada penyakit alergi terhadap logam, keluhan ini sering disebut dengan Dermatitis Kontak.

 

Dermatitis kontak terbagi dua yaitu alergi dan iritan. Dermatitis Kontak Alergi(DKA) merupakan reaksi imunologis kulit terhadap alergen atau pencetus alergi, sedangkan Dermatitis Kontak Iritan (DKI) disebabkan karena gesekan atau paparan bahan asing penyebab iritasi kepada kulit. Baik DKA maupun DKI mempunyai gejala kemerahan pada area kulit yang tekena, panas, gatal, dan terkadang nyeri. Pada beberapa kasus tertentu ditemukan juga fissura (kerusakan) pada area kulit yang terpapar. Keduanya melibatkan reaksi imun yang berbeda. Berapa lama setelah mengkonsumsi mangga keluhan tersebut muncul?

Yang sementara bisa Anda lakukan adalah menghindari kontak langsung dengan biji mangga atau cairan lain yang dicurigai sebagai pencetus keluhan (dengan memakai sarung tangan atau alat bantu lain), memakai sabun dengan pH netral apabila mandi. Jaga kebersihan dari kulit yang muncul ruam, dan boleh saja sesekali bersihkan dengan antiseptik untuk mencegah infeksi. Sesudah mandi, oleskan pelembab ke seluruh kulit, khususnya derah yang kering, karena waktu tersebut adalah waktu yang terbaik. Pelembab dapat dioleskan sering pada kulit kering (4-5 kali sehari bila sangat kering) karena kulit yang kering dapat menyebabkan gatal dan garukan yang berakibat luka dari kulit. Jangan menggosok terlalu keras, baik ketika mandi, mengeringkan dengan handuk (jangan digosok, cukup dilekatkan), maupun ketika membalurkan pelembab (searah dengan arah tumbuhnya rambut). Hidrasi yang kurang atau kekurangan cairan merupakan faktor yang sangat penting yang menyebabkan kulit kering

Penanganan dilakukan dengan obat luar yang mengandung antiradang. Kami sarankan Anda untuk ke dokter atau dokter spesialis kulit terlebih dahulu untuk penegakkan diagnosis, supaya terapi yang diberikan sesuai.

Demikian informasi seputar Dermatitis Kontak yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.              

0 Komentar

Belum ada komentar