Sukses

Apakah Aman Mengganti Gigi Depan Dengan Gigi Palsu?

19 May 2019, 13:44 WIB
Wanita, 15 tahun.

Asalamualaikum dokter saya mau tanpa seputar gigi Jadi gigi depan saya strukturnya tidak rapi serta tidak lengkap jadi saya berniat ingin mengganti gigi depan saya dengan gigi palsu..apakah aman?? Dan berapa kira kira harga memasang gigi palsu

Terimakasih telah bertanya seputar apakah aman mengganti gigi depan dengan gigi palsu melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan anda, bahwa untuk memperbaiki gigi yang tidak rata perlu dialkukan perawatan dengan kawat gigi atau behel. Sebelumnya kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai perawatan orthodontik atau behel. Posisi gigi yang tidak rata atau posisi maju mundur harus diperbaiki karena dapat mengganggu kesehatan gigi, jaringan sekitarnya dan juga sendi tulang rahang. Perawatan yang ditujukan untuk mengatasi keadaan ini adalah perawatan orthodonti atau kawat gigi sehingga pada akhirnya akan tercapai posisi gigitan gigi rahang atas dan bawah yang normal dalam lengkung rahang serta secara otomatis nilai estetik pasien juga dapat terkoreksi.

Semua prosedur dari tahapan perawatan orthodontik ada standar operasionalnya. Ada beberapa cara untuk mendapatkan ruangan yang dibutuhkan untuk menggeser gigi-gigi yang posisinya perlu diperbaiki, diantaranya adalah pencabutan gigi. Jadi tidak semua kasus harus ada gigi yang dicabut, bergantung pada seberapa besar kebutuhan ruang dan tentunya dicabut/tidaknya gigi baru dapat diputuskan setelah dokter gigi melakukan serangkaian pemeriksaan.

Sedangkan untuk mengisi gigi yang tidak lengkap perlu dilakukan penggantian dengan gigi palsu agar fungsi pengunyahan dapat berjalan dengan baik dan fungsi estetikanya juga baik. 

Gigi tiruan terdiri dari gigi tiruan lepasan dan gigi tiruan cekat. Dalam menentukan tipe mana yang tepat bagi seorang pasien terdapat beberapa pertimbangan seperti gigi mana yang akan digantikan apakah gigi depan atau gigi belakang, berapa jumlah gigi yang digantikan, jaringan sekitar gigi dan biaya.

Bila dilihat dari segi estetik dan kenyamanan gigi tiruan cekat lebih unggul jika dibandingkan dengan gigi tiruan lepasan, namun biayanya biasanya lebih mahal. Bila Anda ingin menggunakan gigi tiruan maka sebaiknya konsultasikan secara langsung dengan dokter gigi atau dokter gigi spesialis prostodontia di klinik atau rumah sakit. Sabagai patokan harga di klinik swasta wilayah jakarta selatan, biaya yang perlu Anda keluarkan untuk pemasangan gigi palsu cekat sekitar Rp. 3.000.000 per gigi, sedangkan untuk gigi palsu yang lepasan sekitar Rp. 500.000,- per giginya.

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

- Alternatif Gigi Tiruan Permanen yang Aman

- Perawatan Alternatif Untuk Gigi Depan Atas Yang Hilang

Mengatasi Gigi Depan Tidak Rata

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai apakah aman mengganti gigi depan dengan gigi palsu, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar