Sukses

Luka Tidak Kering
18 May 2019, 10:30 WIB
Wanita, 18 tahun.

Assalamualaikum dok, saya mau berkonsultasi. Bulan lalu, saya terpeleset, kaki saya sobek lalu dijahit. Beberapa hari kemudian, kaki saya sudah bisa di buat jalan. Saking seringnya saya jalan, jaitan tersebut kebuka lagi. Terus saya biarkan, cuma saya obat jalan, pas lukanya saya olesi kunyit. Tapi, beberapa hari kemudian tidak ada perubahan, katanya dokter di daerah rumah saya, itu jaitannya nggak jadi. Terus saya di beri obat jalan, sama luka saya di kasih salep. Tapi udah hampir seminggu lebih, luka nya kok belum kering ya dok? Terus obatnya dari dokter udah habis, ini sama kakak saya di beli in obat dari apotik, obat nya nama clinoma, novastan, sama dexametason. Kata apotekernya, diminum 3x sehari, berhubung bulan puasa jadi 2x sehari, pikir saya. Ini masih 1x minum, reaksinya kok saya jadi deg"an. Pas dibuat solat kaki nya yg sebelah kiri gemeter, terus rasanya kaya mual, gaenak gitu. Tolong dok solusinya. Terimakasih, Wassalamualaikum.

Terima kasih karena Anda telah mengajukan pertanyaan mengenai penanganan luka tidak kering melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pada dasarnya ada beberapa penyebab luka sulit kering seperti adanya kelainana pada pembuluh darah misalnya akibat penyakit gula, penyebab dasar pada luka yang belum teratasi, adanya infeksi sekunder, penanganan luka yang kurang baik, dll. Apakah Anda sudah melakukan pemeriksaan gula darah? 

Coba ingat kembali apa penyebab luka Anda pertama kali. Apakah karena goresan, lecet, luka robek, bisul, terbakar, atau luka akibat garukan karena rasa gatal pada alergi. Coba beritahukan kepada dokter penyebab awal timbulnya luka tersebut. Penyebab awal luka haruslah ditangani terlebih dahulu. Misalnya penyebabnya adalah garukan gatal akibat alergi, maka gejala alergi yang muncul harus ditangani terlebih dahulu. Contoh lain misalnya luka pada awalnya luka anda disebabkan oleh bisul maka nanah harus dikeluarkan terlebih dahulu.

Kemudian, barulah dokter akan membersihkan luka tersebut dengan cara yang steril agar kuman-kuman pada permukaan luka mati. Pemberian obat-obatan dapat dilakukan misalnya dengan pemberian salep/krim pada luka untuk membunuh kuman. Jika luka basah, dokter juga dapat memberikan penanganan berupa kompres luka secara teratur untuk mempercepat penyembuhan luka. Jika memungkinkan dokter akan menutup luka dengan kasssa steril. pembersihan luka juga harus dilakukan dengan teratur. Obat-obatan seperti antibiotik akan diberikan untuk penanganan infeksi pada luka.

Hal yang dapat Anda lakukan di rumah adalah melakukan pembersihan luka secara teratur dengan menggunakan kassa steril, cairan normal saline steril, cairan antiseptik, dan tangan yang bersih. Makanlah makanan yang berprotein tinggi karena protein bermanfaaat untuk penyembuhan luka. Selain itu makan buah dan sayur atau mengkonsumsi suplemen vitamin C juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka Anda.

Baca juga:

Penyebab Luka Sulit Sembuh

Cara Merawat Luka

Luka Dijahit, Kapan Sembuh?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penanganan luka tidak kering. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar