Sukses

Mudah Ngantuk
18 May 2019, 10:30 WIB
Pria, 25 tahun.

Saya mau bertanya dok. Saya bekerja sebagai guru jam kerja saya dari 06.30 sampai 15.00 setelah saya kerja saya merasakan lelah dan ngantuk. Saya gampang sekali untuk tidur setiap hari nya. Setelah pulang kerja dan sekitar jam 7 atau jam 8 sudah mengantuk kembali. Apakah dengan tingkah laku ini normal dok terhadap saya? Karna istri saya selalu mengeluhkan saya kerjaannya tidur terus. Padahal menurut saya wajar karna seharian aktivitas.

Terima kasih telah bertanya tentang mudah ngantuk menggunakan Fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Tidur yang normal adalah tidur selama 6-8 jam di malam hari. Dan setelah bangun tidur, Anda merasa segar dan dapat beraktivitas seperti biasa.

Namun demikian, mudah mengantuk dapat disebabkan uga oleh beberapa hal, diantaranya adalah kekurangan oksigen di otak, anemia (kekurangan sel darah merah), penyakit kronis, kurang olahraga, hipoglikemia (kadar gula darah rendah), hipotensi (tekanan darah rendah), dan banyak lagi penyebab lainnya. Anemia merupakan penyebab tersering keluhan lemas. Gejala lainnya adalah mudah lelah, sering mengantuk, sulit berkonsentrasi, dan sebagainya.

Bila gejala yang Anda keluhkan tidak hilang dengan istirahat, mungkin Anda dapat mencoba untuk mengatur asupan makanan. Asupan makanan yang kurang adekuat sehingga menyebabkan defisiensi atau kekurangan mineral tertentu untuk tubuh juga dapat menyebabkan gejala yang anda keluhkan. Kami sarankan agar Anda mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, dengan cara :

1. asupan nutrisi cukup, kaya akan zat besi dan folat sebagai sumber utama pembentukan sel darah merah

2. istirahat atau tidur teratur, minimal 7-8 jam sehari

3. berolahraga 3-4x/hari, selama minimal 30 menit setiap sesinya

Untuk memastikan penyebabnya, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan, seperti pemeriksaan laboratorium untuk menilai kadar hemoglobin Anda.

Baca juga:

Sering Mengantuk, Waspadai Hipersomnia

Masih Lelah Setelah Tidur Nyenyak, Kenapa?

Mengantuk Ketika Bosan

Demikian penjelasan tentang mudah ngantuk yang dapat Kami berikan, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar