Sukses

Diet bagi penderita lupus
17 May 2019, 16:28 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok, saran makanan yang bagus untuk penderita lupus dan makanan yang harus dihindari terima kasih dokter

Terima kasih telah bertanya seputar diet bagi penderita lupus menggunakan fitur Tanya Dokter.

Lupus dapat menimbulkan gejala pada sistem pencernaan penderita. Peradangan biasanya terjadi pada kerongkongan, serta cairan lambung yang berbalik arah naik ke kerongkongan yang disebut sebagai refluks atau gastroesophageal reflux disease (GERD).

Penderita juga dapat mengalami gejala lain seperti mual, muntah, diare, atau konstipasi. Selain itu, peradangan juga dapat terjadi di usus yang disebut sebagai ulcerative colitis dan Crohn's disease. Gejala dapat berupa nyeri perut dan buang air besar berdarah.

Untuk mengurangi kemungkinan terjadinya gejala GERD, dapat dicegah dengan menyantap makan malam terakhir 3 jam sebelum pergi tidur. Hindari juga konsumsi makanan dan minuman yang dapat memicu GERD. Misalnya makanan pedas, asam, berminyak serta minuman bersoda.Selain itu, berhentilah merokok dan jaga agar berat badan tetap ideal. Jika Anda memiliki masalah dengan kelebihan berat badan, lakukan diet sehat agar Anda terhindar dari GERD. Bila perlu, berkonsultasilah pada ahli gizi. Mengonsumsi makanan dengan porsi yang kecil namun sering juga dapat membantu.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai diet bagi penderita lupus. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar